July 17, 2024

Manipulasi Mobil Trendi

2 min read
Tutorial ini mengajak kita untuk memanipulasi gambar dengan cepat. Membuat sebuah mobil tampak memiliki motif dedaunan.

Bagi anda yang menyukai seni desain grafis menggunakan Adobe Photoshop, berikut saya berikan contoh trik desain manipulasi yang nantinya diharapkan bisa memunculkan inspirasi dan ide-ide baru. Jika mendapat kesulitan silahkan layangkan e-mail anda ke mamase@PalComTech.com / a.efriyanto@yahoo.com. Penasaran ? . . . Yuk, langsung kita bahas.

Sebelum Manipulasi

mobil2

Sebelum Manipulasi

Langkah 1

Langkah pertama jalankan aplikasi Photoshop di komputer kamu masing-masing.

Langkah 2

Klik menu File > Open atau dengan menekan tombol Ctrl+O di keyboard untuk membuka dua file gambar Honda City.jpg & Daun Mentimun.jpg

Langkah 3

Selanjutnya aktifkan gambar Daun Mentimun.jpg dan tarik ke area gambar Honda City.jpg dengan menggunakan icon Move Tool hingga seperti gambar berikut ini.

Langkah 4

Atur transformasinya dengan meng klik menu Edit > Free Transform atau tekan tombol Ctrl+T di keyboard.

Langkah 5

Pastikan gambar Daun Mentimun menutupi area gambar Mobil Honda City.

Langkah 6

Klik symbol mata disamping kiri layer Daun Mentimun untuk menyembunyikan nya sementara.

Langkah 7

Pastikan gambar Daun Mentimun yang menutupi gambar mobil telah berhasil disembunyikan.

Langkah 8

Klik kanan Lasso Tool (tool ketiga dari atas), pilih Magnetic Lasso Tool lalu lakukan penyeleksian pada bagian body mobil yang akan di manipulasi dengan kombinasi Gambar Daun Mentimun.

Langkah 9

Selanjutnya munculkan kembali layer Daun Mentimun dengan cara klik icon mata pada bagian kiri layer hingga tampak seperti gambar berikut.

Langkah 10

Hemch… Selanjutnya kita inverse (dibalik) seleksinya dengan cara klik menu Select > Inverse.

Langkah 11

Selanjutnya hapus bagian luar seleksi dengan menggunakan Eraser Tool , Sebelum prosesi penghapusan ganti type erasernya menjadi lebih lembut dengan cara klik pada Size Brush yang terletak di pallet property bagian atas, pada kasus ini saya ambil type size 65. Selanjutnya tinggal sapukan aza dibagian luar seleksi hingga tampak seperti berikut.

Langkah 12

Selanjutnya hilangkan garis seleksi dengan cara klik menu Select > Deselect.

Langkah 13

Yupz, Yupz, Yupz…. Dah hampir selesai nich…. Sekarang kita ubah dulu blending modenya menjadi Pin Light dengan cara klik pada kotak blending mode yang terletak dibagian atas pallet layer sebelah kiri kotak pengaturan opacity, klik dan pilih mode Pin Light.

Langkah 14

Hemch…. langkah terahir, masih pada layer Daun Mentimun, kita hapus menggunakan Eraser Tool bagian yang menutupi kaca mobil bagian depan, samping, dan lampu bagian belakang.

Gimana Mudahkan? Terus belajar & mencoba ingatlah selalu bahwa kualitas sangat ditentukan dengan seringnya kita mencoba, Okey…!!

0 thoughts on “Manipulasi Mobil Trendi

  1. Sedikit saran saja untuk admin, kalo boleh tampilan websitenya jangan dibagi tiga. Kurang nyaman sewaktu membaca artikelnya.

    Kolom kedua yang berisi Career Centre, Recent Comment, dan link ke social website sebaiknya diatur kembali, saran saya dibuat 2 (dua) kolom saja. Jadi artikel bisa lebih nyaman dibaca.

    Demikian sedikit saran untuk kemajuan Palcomtech.

  2. mamase,klo pake blending option yang laen?? apo bedanyo??? tolong kasih pencerahan ilmu lagi.. biar tambah negerti… hehehehe
    keren ini mas…

  3. @reza – hohoho…ketemu masternyo neh, jadi malu…hihi..klaw prbedaanya sich bisa diliat langsung dari interface atau tampilanyo bisa langsung dpraktekkan byar lgsung kliatan…nah untuk pemilihan blendingnya trgantung dg selera dan kselarasan antara objek dan media background nya…msalkan klaw ingin memadukan warna bisa pilih mode multiply…
    :Yb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.