July 17, 2024

Membuat Random Angka dan Huruf

1 min read

Pernahkan rekan-rekan sekalian menemui kode-kode security yang dipasang disetiap form pendaftaran dan guestbook pada sebuah website atau blog…? Pernahkah terpikir script apakah yang digunakan untuk membuat kode acak seperti itu …?

Ya, anda benar, mereka menggunakan script php yang berfungsi untuk merandom (mengacak) angka atau huruf yang sudah ditentukan. Ada dua macam jenis random yang sering digunakan, yaitu random image, dan random angka yang digabung dengan huruf.

Tetapi pada tutorial kali ini saya hanya akan membahas tentang random angka yang digabung dengan huruf, untuk yang random image akan saya bahas pada postingan berikutnya J, script yang digunakan adalah sebagai berikut :

Hasil script dibawah ini adalah kode yang akan selalu di acak setiap kali anda merefresh browser anda.

Keterangan :

1. $sumber_kode : berisi sumber kode yang akan diacak.

2. strlen : fungsi yang digunakan untuk mendapatkan jumlah karakter pada $sumber_kode.

3. mt_srand : digunakan untuk memberikan nilai awal (seed) pada fungsi mt_rand().

4. mt_rand : digunakan untuk menghasilkan bilangan acak.

5. $kode_random : digunakan untuk menempatkan kode acak yang dihasilkan.

0 thoughts on “Membuat Random Angka dan Huruf

  1. mohon penjelasannya; bisa nggak kita bikin serial numbers dan PIN yang bisa kita cetak ke card members, contoh seperti kode voucer, kard member aktivasi dll, serta lengkap dengan data base yang kita simpan untuk mencocokannya; jika seri number cocok dengan PIN maka aktivasi berhasil, mohon penjelasannya, dan jika ada? dimana saya bisa dapatkan? sebelumnya makasih atas infonya
    by.Aprilino (087899073783)

  2. @aprilino: Klo untuk Serial Numbers atau PIN seperti itu ga disarankan untuk buat angka random. Angkanya emang digenerate berdasarkan nomor seri. Klo di random ntar ada kemungkinan sama. Biasanya emang ada setting kodenya, misal angka pertama menunjukka angkatan, angka berikutnya nomor seri, dan angka terakhir tahun, dll.

  3. @aprillino : untuk nomor pin dan serial number sebenarnya juga bisa dikembangkan berdasarkan konsep random yang angkanya di generate dan bisa ditambahi settingan kode seperti yang dijelaskan oleh bapak rijalul fikri.

  4. @aprillino : Bener apa yang dikatakan bapak fikri, sebenarnya konsep dasarnya sama dan bisa ditambahkan kode seperti yang telah dijelaskan.

  5. mmm..tertarik dengan artikel diatas, pengen nanya mas Efriey gimana cara menerapkan konsep random diatas kedalam aplikasi pendaftaran artinya hasil dari random diatas sekaligus menjadi password dari member yang mendaftar ke aplikasi kita…maaf kalau pertanyaannya membingungkan..salam kenal

  6. maaf, untuk undian dengan input :
    1. nomor (sekitar 20 digit/terserah operator)
    2. nama
    3. nomor telephone
    4. alamat
    apakah bisa ??
    jadi undian berdasarkan database.
    thx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.