July 24, 2024

Membuat Web dengan Menggunakan PHP

2 min read

Seperti yang kita ketahui bahwa banyak cara untuk membuat web. Dan salah satu caranya adalah dengan menyimpan ulang web yang kita buat. Sebagai contoh, halaman yang pertama dibuat biasanya index.html, dan pada saat membuat halaman profile, gallery atau contact biasanya kita selalu save as ulang dari halaman index.html dan mengedit di satu bagian saja.

Hal ini mengakibatkan web yang kita buat menjadi berat. Karena menyimpan ulang (save as ulang) sama artinya menyimpan keseluruhan dari file tersebut. Padahal kita hanya perlu mengganti disatu bagian saja. Jadi tidak perlu menyimpan bagian yang lain. Salah satu cara untuk membuat web dengan kapasitas file yang lebih ringan dan cara yang simple adalah dengan menggunakan coding php. Nah, Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah 1

Membuat halaman index.php. Dihalaman ini kita bebas merancang layout sesuai dengan keinginan kita. Contoh layout yang saya rancang adalah sebagai berikut:

Langkah 2

Membuat halaman product.php. Di halaman product.php, saya hanya menampilkan isi produknya saja karena untuk layout secara keseluruhan sudah dibuat dihalaman index.php. Tampilan halaman produk yang saya rancang adalah sebagai berikut :

Langkah 3

Membuat halaman contact.php. Tampilan halaman contact adalah sebagai berikut :

Langkah 4

Langkah selanjutnya adalah dengan menambahkan link pada tombol home, product dan contact di halaman index.php. Dengan cara blok teks agar kita mengetahui dimana letak kode yang kita tambahkan, lalu klik pada tab code :

Tambahkan kode berikut pada teks home, products dan contact.

Langkah 5

Langkah terakhir adalah dengan cara memblok text pada bagian isi . Tujuannya agar kita tahu letak koding php yang kita masukkan di tab code .

Lalu lihat code dan tambahkan kode berikut :

CATATAN :

untuk siswa professional 1 tahun : jika ingin membuat web sebagai tugas akhir dengan langkah diatas maka konsentrasi yang kalian pilih adalah web desain, bukan web programming. Karena kode web programming lebih kompleks lagi.

0 thoughts on “Membuat Web dengan Menggunakan PHP

  1. kereeen neh tutorial na, sayang pas di akhir na, ngak ditunjukin neh, hasil akhir na, setelah di klik link tersebut…

    bingung na disaat memasukan script kode php na, mengunakan logika dan include.

    di catatan, bener boleh neh, di dalam web desain menggunakan sintak php di dalam na, ditakuti nanti menjadi pertanyaan sidang yang tidak bisa dijawab oleh siswa, gek dak lulus heheheheheheheehe

    piss…

  2. –> PHP (PHP Hypertext Preprocessor) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk beragam aplikasi berbasis web, mulai dari halaman web yang sederhana sampai aplikasi lengkap yang dihubungkan ke database.tetapi seiring dengan perkembangannya, php tidak hanya digunakan untuk pembuatan web tapi jg digunakan untuk penerapan lain seperti : Perhitungan nilai, Penghitungan suara online,
    Pengumpulan dana online

  3. kalo make database bagusnya gimana ya? kagak tau standar nih.. skripnya ntar diletakkan di product.php nya trus di include, atau diletakkan di index.php itulah dibawah $_GET[‘hal’] ?

    1. kalau make database gak harus dibawah GET mas ……tinggal include jha file koneksi ke database kalau Get atau Post itu hanya kondisi untuk memasukan file ke database jha
      contoh <?php
      include 'koneksi.php';
      ………

  4. mba atau mas kalau cara bikin data transaksi bagaimana ya? kok saya ggal trus bisa dkirim via e-mail contohnya? mksii mas

    1. 0) {
      //upload Photo
      if (is_uploaded_file($_FILES[‘foto’][‘tmp_name’])) {
      move_uploaded_file ($_FILES[‘foto’][‘tmp_name’], “images/”.$namafoto);

      }
      }

  5. kk mau tanya neh

    itu kan kalau memakai “if elseif” bisa nya cuman 3 link aja=”index,produc,contact”

    nah kalau link lebih dari 3 itu harus makai coding Php apa kk? mohon di jawab , kalau bisa ke emile ku az yah , makasih

  6. hmm, sy boleh mnt web tntg komunitas? apa saja yg berbau komunitas.. n mnt soft copy tolong kirimin via email yah.. 😀 mksh bnyk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.