July 21, 2024

Mengubah Penanda Waktu AM/PM pada Windows XP

2 min read

Selamat berjumpa kembali dalam tutorial Teknisi yang dibawakan oleh saya, Kadarisman. Tulisan saya sebelumnya dapat anda baca dengan mengikuti link berikut. Pada Kesempatan ini saya akan mencoba sharing tentang utak – atik registry pada sistem operasi Windows XP. Penanda waktu AM/PM merupakan bagian waktu di negara-negara Inggris Raya (Skotlandia, Wales, Inggris, Irlandia Utara) dan USA (United States of America). Dimana penjabaran kedua waktu tersebut :

1. AM (Setelah lewat jam 12 malam hingga jam 12 siang)

2. PM (Setelah lewat jam 12 siang hingga jam 12 malam)

Tetapi di Indonesia menggunakan format waktu 24 Jam. Jika saat instalasi Sistem Operasi Windows XP nya kita lupa mengubah format time/waktunya menjadi Indonesia, maka akan muncul tampilan waktu seperti di bawah ini :

Sekarang kita coba untuk mengubah format waktu tersebut dimana kita coba untuk mengubah penanda waktu AM menjadi pagi dan penanda waktu PM menjadi sore. Atau juga bisa kita ganti penanda waktu AM menjadi pagi/siang dan penanda waktu AM menjadi sore/malam.

Langkah 1

Untuk mengubah format waktunya, kita bisa ubahnya melalui Registry pada Windows tersebut. Sebagaimana yang kita ketahui, Registry merupakan jantung bagi Windows yang perannya sengatlah penting bagi Sistem Operasi tersebut.

Adapun caranya :

Klik START > RUN

Menu Run merupakan bagian dari pada Windows yang digunakan untuk mempercepat akses menuju sebuah aplikasi. Setelah tampil menu Run nya, kita ketikkan REGEDIT

Nanti muncul jendela aplikasi Registry Editor

Langkah 2

Setelah muncul jendela aplikasi Reistry Editor, maka kita tinggal mengedit String Value dengan nama s1159 dan s2359. Yang lokasinya ada pada lokasi berikut di Registry.

Buka folder HKEY_CURRENT_USER kemudian buka folder Control Panel dan terakhir klik di folder Internasional. Dimana nanti kita akan bertemu dengan string value s1159 dan s2359 yang ada pada panel window sebelah kanan.

Langkah 3

Kita tinggal mengubah nilai value dari s1159 yang awalnya AM dan kita coba menjadi Pagi. Atau jika mau, Anda tinggal tukar dengan nama Pagi/Siang.

Dibagian s2359 yang awalnya PM dan kita coba menjadi Sore. Atau jika mau, Anda tinggal tukar dengan nama Sore/Malam. Jika telah selesai, maka kita harus merestartnya, agar Windowsnya dapat mengupdate registry yang telah kita modif.

Sekarang, coba lihat tampilan desktop windowsnya diatas. Dan satu lagi dibawah.

Jika kita ingin mengembalikan ke keadaan semula, maka kita tinggal mengubah String Valuenya saja seperti semula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.