July 25, 2024

Kupu-Kupu Mengikuti Mouse

2 min read

Sebenarnya untuk membuat suatu objek yang mengikuti gerakan mouse didalam SWiSHmax sangatlah mudah. Yaitu dengan cara menambahkan script mouse dragging pada objek yang akan dibuat mengikuti gerakan mouse.

onLoad () {

startDragLocked();

}

Namun cara tersebut akan membuat objek terlalu statis dan tidak menarik. Untuk membuat objek dapat mengikuti mouse dengan cara yang lebih menarik kita dapat menggunakan teknik yang berbeda.

Dalam hal ini kita akan membuat objek kupu-kupu yang mengkikuti mouse.

Langkah 1

Pertama kita akan membuat objek kupu-kupu terlebih dahulu. Gambarlah badan dan kepala kupu-kupu dengan menggunakan ellipse tool. Lalu gunakan pencil tool atau Bezier untuk menggambar antenna kupu-kupu.

Langkah 2

Setelah itu group objek badan kepala dan antenna dengan cara block ketiga objek tersebut, lalu dari menu modify pilih grouping dan group as group. Pada panel group beri nama group ini sebagai “badan”.

Langkah 3

Gambarlah sayap kupu-kupu dengan menggunakan bezier tool, lalu gandakan objek sayap tersebut sehingga terdapat dua sayap kupu-kupu. Gunakan warna yang sedikit berbeda untuk kedua sayap tersebut untuk memberikan kesan sedikit gelap untuk sayap yang berada di belakang.

Langkah 4

Group kedua sayap tersebut dan beri nama “sayap_atas”.

Langkah 5

Copy objek sayap_atas dan ganti namanya sebagai “sayap_bawah”.

Langkah 6

Lalu transformasikan sayap_bawah sehingga sayap terlihat sedang mengepak ke bawah.

Langkah 7

Setelah itu objek kupu-kupu yang telah kita buat, akan kita animasikan sehingga kupu-kupu tersebut mengepakkan sayap. Tambahkan efek place untuk sayap_atas pada frame satu dan tambahkan efek remove pada frame lima. Lalu untuk sayap_bawah tambahkan efek place pada frame lima.

Langkah 8

Setelah selesai, objek kupu-kupu tersebut kita group menjadi sprite, sehingga kupu-kupu tersebut menggepakkan sayapnya terus-menerus. Block objek kupu-kupu tersebut, lalu dari menu modify pilih Grouping kemudian pilih Group as Sprite.

Langkah 9

Setelah itu klik objek kupu-kupu dan buka jendela script, lalu ketikkan kode berikut ini:

onLoad () {

_x = 0;

_y = 0;


speed = 10;

}

onEnterFrame() {

endX = _root._xmouse;

endY = _root._ymouse;

_x += (endX-_x)/speed;

_y += (endY-_y)/speed;

}

Hasil Akhir

Sekarang kupu-kupu akan mengikuti gerakan mouse secara perlahan.

Kita juga dapat menambahkan objek seperti rumput atau yang lainnya untuk memperindah tampilan animasi yang telah kita buat.

0 thoughts on “Kupu-Kupu Mengikuti Mouse

  1. bagus juga untuk pengembangan skrip animasi burung untuk materi nanti, hmmm, tapi kok penjelasan nya masih agak kurang, pas memasukan skript na gimana neh, dan meletakkan gimana thanks…

    piss, ditunggu next tentang yang lain na

  2. terima kasih untuk semua masukannya 🙂

    untuk meletakkan script, klik objeknya terlebih dahulu,
    kemudian buka jendela script,
    dan ubah mode penulisan script menjadi expert.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.