July 24, 2024

Tunjukan Identitas Eksismu Dengan Gravatar

2 min read

Saya melihat teman-teman yang memberi komentar di portal student ini belum menunjukkan identitas diri mereka. Kebanyakan mereka menyertakan nama dan email yang palsu, bukan sebenarnya. Padahal kalau mereka memberikan identitas yang sebenarnya itu menunjukkan aktualisasi dirinya dan lebih dikenal oleh banyak orang. Sederhana saja, kamu juga bisa menunjukkan identitas kalian berupa foto kecil berwajah kamu. Nantinya, pada saat kamu memberikan komentar baik di portal student atau di tempat lain, identitas kamu juga akan muncul. Setidaknya waktu kamu memberikan komentar, maka gambar yang muncul tampak “photo not available”.

Pernah dengar GRAVATAR? Gravatar ini berfungsi menjadi pusat untuk menampung avatar-avatar kita yang nantinya bisa kita panggil kalau udah bosen sama avatar yang dipakai. Sistem kerja gravatar ini akan aktif kalau kamu meninggalkan komentar di blog yang punya fungsi gravatar, maka secara otomatis avatar kamu akan tampil. Dengan catatan, email yang kamu masukin di website/blog itu sama dengan email pada saat kamu registrasi. Benang merahnya, gambar (avatar) akan terbaca dari sistem sesuai alamat email yang kamu daftar, jadi bukan id atau nama kamu.

Langkah 1

Buka alamat www.gravatar.com melalui browser kamu. Maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.

Langkah 2

Begitu masuk ke website Gravatar. Segera klik Get your Gravatar today. Maka kamu sudah bisa mendaftarkan email kamu untuk sebuah akun Gravatar.

Langkah 3

Daftarkan akun email yang sering kamu gunakan. Setelah itu klik Signup untuk mendaftar.

Langkah 4

Selanjutnya, kamu akan mendapatkan email konfigurasi dari pihak Gravatar. Cek kembali email kamu, karena pihak Gravatar akan memberikan email untuk aktivasi.

Langkah 5

Begitu kamu membuka email, segera buka kiriman email dari Gravatar.

Langkah 6

Klik direct email yang harus kamu pilih untuk aktivasi.

Langkah 7

Kalau kamu berhasil, maka kamu akan masuk kehalaman registrasi username dan password. Masukkan username yang unik dan jangan menggunakan underscore (_) karena pihak Gravatar akan menolak pendaftaran. Gunakan password yang variatif. Setelah itu klik tombol Signup.

Langkah 8

Selanjutkan, kamu akan masuk ke halaman manajemen gravatar. Pada bagian atas, klik My Account lalu pilih Add an Image untuk mengupload foto kamu.

Langkah 9

Pilih cara mengupload gambar. Kalau gambar kamu berasal dari hardisk di komputer, pilih My computer’s hard drive. Atau kamu juga bisa langsung mengambil foto melalui webcam.

Langkah 10

Saya memilih cara pertama yaitu memasukkan gambar yang berasal dari hardisk. Carilah foto yang akan digunakan sebagai gravatar.

Langkah 11

Jika berhasil, tampilan gravatar kamu akan tampak seperti gambar. Pilih Rated G. Untuk jenis foto yang aman digunakan dan tidak mengandung pornografi. Setelah itu berhasil sudah registrasinya.

Langkah 12

Sekarang saatnya kita memberikan komentar ke salah satu tulisan di portal student. Pada kolom komentar, masukkan nama, email yang tadi telah didaftarkan di Gravatar. Untuk website bersifat opsional. Terakhir, tulislah komentar yang ingin kamu kirim. Jika sudah, klik Submit Comment.

Langkah 13

Tampilan komentar kamu sekarang jauh lebih menarik dan menunjukkan tanggungjawab dari si pengirim komentar.

Selamat mencoba. Semoga student portal akan semakin berkembang dan memberikan manfaat bagi semua orang ^^

0 thoughts on “Tunjukan Identitas Eksismu Dengan Gravatar

  1. @raise : monggo gan hehehehe…

    @andy : ur welcome ^^

    @mamaze : eh nonggol hehe..

    @mbak ruru : ur welcome, terinspirasi jg kemarin waktu mbak indah tanya kan soal ini hehehe..

    @mbak indah : inspirasi apa neh mbak? hehe inspirasi buat tutorial yang baru lagi?? :p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.