July 15, 2024

Sensor Kata Melalui form Menggunakan PHP

2 min read

Halo ketemu lagi bersama saya dengan trik baru dalam PHP, yaitu bagaimana caranya untuk mensensor kata-kata yang kita anggap tidak layak untuk kita tampilkan dalam forum, buku tamu ataupun data-data yang lainnya, kita bisa mensensornya dengan mudah menggunakan script PHP, seperti yang akan kita bahas bersama di bawah ini.

Oke tanpa mengulur-ulur waktu lagi langsung saja kita masuk dalam pokok bahasan kita yaitu bagaimana mensensor kata yang di input melalui form, yaitu sebagai berikut:

Langkah 1

Buatlah sebuah script seperti di bawah ini.

Script di atas akan menghasilkan bentuk form seperti di bawah ini

Yang mana pada masing-masing form diberi nama antara lain:

Nama = $nama
Email = $email
Isi Komentar = $pesan

Setelah diberikan nama pada setiap komponen form di tentukan action atau tujuannya ke halaman sensor_kata.php. Kemudian di simpan dengan nama Form_sensor_kata.php.

Langkah 2

Langkah selanjutnya adalah kita mempersiapkan script yang berfungsi untuk mengecek kata-kata yang akan kita sensor, dan action yang kita akan kita berikan jika terdapat kata yang termasuk dalam daftar sensor, ketik script seperti di bawah ini dan simpan dengan nama data_sensor.php.

Langkah 3

Langkah selanjutnya kita akan membuat script terakhir dari artikel ini yang mana di gunakan untuk menampilkan data dari form yang telah di isi oleh pengguna web, dan jika terdapat kata yang sesuai dengan data sensor maka teks nya akan di tampilkan berdasarkan perubahan yang telah di tentukan pada halaman data_sensor.php, adapun script yang akan di buat pada bagian akhir ini adalah seperti gambar di bawah, dan script ini kita beri nama, sensor_kata.php.

Langkah 4

Setelah semua halaman kita buat barulah kita jalankan localhost, dengan mengakses halaman form yang kita siapkan pada browser dan ketik: http://localhost/Form_sensor_kata.php. Maka akan ditampilkan form seperti bentuk gambar form, kemudian isilah form tersebut sesuai dengan data yang anda inginkan atau seperti contoh di bawah ini.

Langkah 5

Setelah data di isi klik tombol simpan maka akan data tersebut akan di tampilkan seperti di bawah ini.

Oke bigitulah salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mensensor kata yang masuk dari dalam form kita, agar tidak berkesan kasar, kotor ataupun vulgar, sekian sedikit share pengetahuan dari saya semoga dapat membantu anda sekalian, terimakasih.

0 thoughts on “Sensor Kata Melalui form Menggunakan PHP

  1. lumayan scripnya…………..coba ditingkat lagi tantangan ni bagi master-master php palcomteh pecahkan sistem barcode input otomatis bisa gak yah…kalu bisa sharing donk………………

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.