July 15, 2024

Mengenal Linux (Habis)

3 min read

Tulisan ini merupakan bagian ke-2 dari tulisan sebelumnya. Pada tulisan ini akan dibagi mengenal instalasi ubuntu 9.10 versi dekstop.

Langkah 1

Setelah proses burning ISO Ubuntu 9.10 selesai ke CD/DVD, maka selanjutnya kita masuk BIOS dengan cara menekan tombol delete di keyboard (disesuaikan dengan jenis BIOS kita bisa F1, F2, atau lainnya lihat di manual motherboard). Pilih menu Advanced Setup lalu Enter.

Langkah 2

Pada sub menu Advance Setup, atur urutan booting komputer yang pertama (1st boot) CD/DVD, yang kedua (2nd boot) Harddisk (HDD), tekan tombol Esc 1 x pada keyboard. Masukkan disk CD/DVD hasil burning tadi kedalam drive CD/DVD kita. Pilih menu Save and Exit Setup, tekan tombol Enter pada keyboard, lalu pilih OK.

Langkah 3

Tunggu beberapa saat komputer akan melakukan booting, pada waktu selesai booting komputer pertama kali akan membaca disk CD/DVD kita untuk proses instalasi. Pilih Bahasa Indonesia lalu tekan Enter.

Langkah 4

Pilih Install Ubuntu lalu Enter.

Langkah 5

Pilih Bahasa Indonesia lalu Forward.

Langkah 6

Pilih Lokasi Waktu (Daerah: Asia, Zona : Indonesia (Jakarta) lalu Forward.

Langkah 7

Pada layar Layout Keyboard ini langsung saja pilih Forward.

Langkah 8

Pada layar Partisi ini (Pembagian ruang memori pada harddisk) pilih option “Tentukan partisi secara manual (advanced) lalu Forward.

Langkah 9

Pada layar “Mempersiapkan partisi” ini pilih ruang bebas (160000 MB) dan pilih Tambah.

Langkah 10

Pada layar yang baru muncul atur jenis partisi “Primer”, ukuran partisi “40000”, lokasi “awal”, gunakan sebagai “Ext4 Jurnaling File System”, titik kait “/”, lalu klik OK. Maka akan terbentuk partisi /dev/sda1.

Langkah 11

Kalau tadi kita barusan membuat partisi root (/)dengan kapasitas 40000 MB maka selanjutnya kita akan membuat dua buah partisi lagi yaitu “/home” 116000 MB dan “swap” 4000 MB. Partisi swap biasanya 2x lipat dari besar memori komputer kita. Sekarang arahkan ke ruang kosong dibawah partisi root (/) yang barusan kita buat, pilih Tambah. Atur jenis partisi “logikal”, ukuran partisi “116000”, lokasi “awal”, gunakan sebagai “Ext4 Jurnaling File System”, titik kait “/home”, lalu klik OK. Maka akan terbentuk partisi /dev/sda5. Arahkan ke ruang kosong dibawah partisi /home yang barusan kita buat, pilih Tambah. Atur jenis partisi “logikal”, ukuran partisi “semuanya”, lokasi “awal”, gunakan sebagai “swap”, lalu klik OK. Maka akan terbentuk partisi swap. Jika proses partisi ini sudah selesai maka arahkan pointer ke partisi root “/” lalu pilih Forward.

Langkah 12

Pada layar ini isi jawaban-jawaban dari pertanyaan yang diberikan, misalnya : Siapakah nama anda? PalComTech. Nama apakah yang ingin anda gunakan untuk melakukan log in? PalComTech. Pilih sebuah password untuk menjaga agar account anda aman. Jawab atau isi kedua teks box dengan prabumulih. Apakah nama komputer ini? PalComTech-prabumulih. Catatan: semua jawaban saya buat dalam huruf kecil, hati-hati dalam penulisan user dan password karena bersifat case sensitive (membedakan antara huruf besar dan kecil).

Langkah 13

Pada layar ini “Siap untuk install” pilih Pasang.

Langkah 14

Pada layar ini proses instalasi Ubuntu 9.10 sedang berlangsung, silahkan tunggu beberapa saat sambil minum kopi dan makan cemilan atau lainnya jika bosan menunggu karena butuh waktu agak lama.

Langkah 15

Pada layar “Instalasi selesai” yang tampil ini pilih Restart Sekarang.

Langkah 16

Disk CD/DVD Distro Ubuntu 9.10 akan otomatis dikeluarkan, ambil disk tersebut dari drive CD/DVD dan tekan tombol Enter maka komputer akan melakukan restart.

Langkah 17

Setelah komputer selesai dari restart maka kita akan mendapatkan tampilan awal Ubuntu 9.10 untuk login, pilih PalComTech dan masukkan password yang kita buat waktu proses instalasi tadi yaitu prabumulih. Jika password yang kita masukkan pada langkah di atas benar maka kita akan mendapatkan tampilan Ubuntu 9.10 seperti dibawah ini.

Demikianlah tutorial singkat ini. Selamat menikmati tutorial singkat ini mudah-mudahan bermanfaat!

Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

0 thoughts on “Mengenal Linux (Habis)

  1. @Mbah Dukun Ki Efri Bodoh : Ok deh mbah….dah dapat ISO nya entar tinggal beli cd kosong tuk di burn n dicoba untuk share instalasinya di portal ini jika lolos sensor………. ^_^

    @Pak Anggi ; mentanglah yg pake AMD, ok deh pak….entar saya coba juga….^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.