July 18, 2024

Mengaktifkan Fungsi Klik Kanan pada Windows

3 min read

Di windows seringkali kita menggunakan fungsi klik kanan dimana terdapat menu-menu pilihan yang dapat kita pakai sesuai dengan perintahnya. Namun, apabila suatu ketika Anda menemui masalah yakni Anda tidak dapat mengaktifkan atau menjalankan fungsi klik kanan tersebut tentulah kita akan kebingungan. Oleh karena itu, kali ini saya mencoba menghadirkan solusi untuk memecahkan permasalahan ini. Akan tetapi terlebih dahulu saya akan mengulas mengenai Microsoft Windows itu.

Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka berbasis grafik (graphical user interface). Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama.

Pada tanggal 24 Agustus 1995, Microsoft merilis Windows 95 , yang baru, dan besar, konsumen versi yang membuat perubahan selanjutnya ke antarmuka pengguna, dan juga digunakan preemptive multitasking . Windows 95 tidak dirancang untuk menggantikan Windows Windows 3.1, tetapi juga untuk Workgroups, dan MS-DOS. Ini juga sistem operasi Windows pertama yang menggunakan kemampuan Plug and Play. Perubahan Windows 95 dibawa ke desktop revolusioner, sebagai lawan dari evolusi, seperti yang pada Windows 98 dan Windows Me. Mainstream dukungan untuk Windows 95 yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2000 dan dukungan diperpanjang untuk Windows 95 yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2001.

Berikutnya dalam garis konsumen adalah Microsoft Windows 98 dirilis pada tanggal 25 Juni 1998. Itu substansial dikritik karena kelambatan dan untuk unreliability dibandingkan dengan Windows 95 , tapi banyak masalah dasar kemudian diperbaiki dengan rilis Windows 98 Edisi Kedua pada tahun 1999. dukungan Mainstream untuk Windows 98 yang berakhir pada tanggal 30 Juni 2002 dan dukungan diperpanjang untuk Windows 98 yang berakhir pada tanggal 11 Juli 2006.

Sebagai bagian dari “yang” baris profesional, Microsoft merilis Windows 2000 pada Februari 2000. Versi konsumen berikut adalah Windows 98 Windows Me (Windows Millennium Edition). Dirilis pada bulan September 2000, Windows Me menerapkan beberapa teknologi baru untuk Microsoft: dipublikasikan terutama adalah ” Universal Plug and Play “. Selama tahun 2004 bagian dari Kode Sumber untuk Windows 2000 adalah bocor ke internet. Ini buruk untuk Microsoft sebagai kernel yang sama digunakan dalam Windows 2000 yang digunakan pada Windows XP.

Pada Oktober 2001, Microsoft merilis Windows XP , versi dibangun di atas Windows NT kernel yang juga mempertahankan kegunaan berorientasi pengguna Windows 95 dan penerusnya. Versi baru ini banyak dipuji di majalah komputer.

Pada bulan April 2003, Windows Server 2003 diperkenalkan menggantikan Windows 2000 lini produk server dengan sejumlah fitur baru dan fokus yang kuat pada keamanan; ini diikuti di bulan Desember 2005 oleh Windows Server 2003 R2.

Pada 30 Jan 2007 Microsoft merilis Windows Vista . Ini berisi sejumlah fitur baru , dari shell didesain ulang dan antarmuka pengguna untuk signifikan perubahan teknis , dengan fokus khusus pada fitur keamanan . Ini tersedia dalam beberapa edisi yang berbeda , dan telah dikenakan beberapa kritik .

Itulah sekelumit sejarah mengenai Microsoft Windows yang pernah dirilis hingga sekarang. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fungsi klik kanan pada windows bila Anda tidak dapat menggunakannya.

Langkah 1

Buka start > klik run (ctrl + R) > ketik regedit > klik OK

Setelah perintah diatas dijalankan, maka akan tampil seperti di bawah ini.

Langkah 2

Klik kanan lalu pilih Modify pada NoViewContextMenu.

Apabila Value Data bernilai 1 ubah menjadi “0” kemudian klik OK.

Atau langsung saja men-delete NoViewContextMenu.

Semoga Bermanfaat…. 🙂

0 thoughts on “Mengaktifkan Fungsi Klik Kanan pada Windows

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.