July 18, 2024

Membuat Game Puzzle dengan Flash

1 min read

Game puzzle memang bukan lagi game yang menarik untuk dimainkan pada saat ini, tapi akan jadi menarik jika kita bisa membuatnya sendiri. Tutorial ini dibuat dengan menggunakan ActionScript 2, dan dengan asumsi bahwa anda telah mengetahui konsep simbol dalam Flash, serta perbedaan antara Action-Frame dan Action-Movie Clip.

Langkah 1

Potongan puzzle bisa anda tentukan sebanyak yang anda suka. Disini saya memiliki 12 potong puzzle, masing-masing sudah saya convert menjadi Movie Clip dengan 12 potong targetnya berbentuk Movie Clip juga. Beri nama Movie Clip tersebut dengan nama objek1 untuk target1, objek2 untuk target2, objek3 untuk target3, dst.

Langkah 2

Klik pada Movie Clip “objek1” dan tekan tombol F9 untuk membuka panel Action-Movie Clip. Isikan skrip sebagaimana dibawah, kemudian copy paste-kan skrip yang sama untuk 11 objek lainnya.

on (press) {

startDrag(this);

}

on (release) {

stopDrag();

for (i=1;i<_root.jumlah_potongan+1;i++) {

if (this._droptarget == "/target"+i) {

this._x = _root["target"+i]._x;

this._y = _root["target"+i]._y;

}

}

}

Penjelasan:

Dengan skrip diatas kita membuat objek agar dapat kita geser dengan startDrag(this), dan melepaskannya kembali dengan stopDrag();

Looping for, membuat objek1 akan menempel pada ke-12 targetnya jika kita meletakkannya pada masing-masing target tersebut.

Langkah 3

Tuliskan skrip berikut pada Action-Frame-nya

stop();

jumlah_potongan = 12;

onMouseUp = function() {

klop_semua = 1;

for (i=1;i<jumlah_potongan+1;i++) {


if (_root["objek"+i]._droptarget == "/target"+i) {

_root["klop"+i] = 1;

} else {

_root["klop"+i] = 0;

}

klop_semua *= _root["klop"+i];

}

if (klop_semua) {

gotoAndStop(2);

}

}

Penjelasan:

jumlah_potongan adalah banyak potongan puzzle anda, sesuaikan dengan yang anda buat sendiri.

onMouseUp menyatakan bahwa aksi akan dijalankan saat tombol mouse dilepas

Pada awal, kita nyatakan nilai “klop_semua” adalah 1, kemudian dengan looping kita mengecek apakah masing-masing objek berada pada targetnya masing-masing, dari klop 1 hingga 12 (banyaknya puzzle). Bila ya, maka _root[“klop”+i] akan benilai 1, dan bila tidak bernilai 0.

Nilai “klop_semua” kemudian dikalikan dengan masing-masing nilai “klop”, dan bila masih ada “klop” yang bernilai 0, maka nilai “klop_semua” pun akan berubah menjadi 0 (gak klop semua jadinya)

Langkah 4

Selesai! Maaf telah mengecewakan jika anda berharap langkah yang lebih banyak :D. Selanjutnya anda bisa kreasikan sendiri dengan menuliskan sesuatu pada frame 2 seperti “HORE SELESAI!” atau bahkan bisa anda tambahkan sedikit animasi.

Hasil Akhir

Selamat berkreasi dan semoga bisa memberi manfaat.

0 thoughts on “Membuat Game Puzzle dengan Flash

  1. makasih semuanya… kirain bakalan komentar kalu langkahnya pendek banget.. 😀

    @Awe: iyo, tapi ini pake looping.. pelajarilah yang ini.. skrip yang kalian pake tu mubazir sebenernyo..

  2. koreksi…
    1. cak mano caro motong na dak dijelasin
    2. cak mano caro buat gambar nyo jadi kabur
    3. cak mano caro buat gambar nyo
    4. cak mano nian pak secaro dak acak ngambar

    but its mangstap gan…

    bener nian kependekan neh…hehehehehe

  3. mas numpang nannya donk..maksud’y i++ itu ap..bisa dijelaskan ..krna ini bisa buat bahan penulisan ilmiah saya

  4. @p rais: oi jadilah pak.. potong make slice di photoshop aja bisa kan.. 😀

    @siska: i++ tu maksudnya angka di variabel i ditambah 1

  5. salam kenal saya fauzi, tau caranya gak jika kondisi icon puzzle yang d drag nya didalam movie clip yang berbeda …spt game pipe/ game pipa jika pernah memainkannya… atau game jigsaw zuma game…s iconnya tuh didalam movie clip yang berbeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.