July 17, 2024

Menggabungkan Beberapa File Di Dalam Suatu Lembar Kerja

2 min read

Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya. Selain menulis dokumen, MS Word juga dapat digunakan untuk bekerja dengan tabel, menulis teks dengan kreasi, menyisipkan gambar, maupun yang lainnya. Secara default tampilan area kerja program MS Word 2007 terdiri atas Title Bar, Office Button, Quick Access Toolbar, Menu Bar, Ribbon, Ruler, Status Bar, dan View Toolbar. Tampilan area kerja dapat dilihat pada gambar berikut.

Title Bar berisi nama file yang sedang dikerjakan, serta tombol menampilkan, atau menyembunyikan jendela program, dan menutup program, yaitu tombol Minimize, Maximize/Restore, dan Close.

Office Button berisi perintah-perintah yang berkaitan dengan dokumen seperti membuat dokumen baru (New), membuka dokumen (Open), menyimpan dokumen (Save), mencetak dokumen (Print), dan sebagainya.

Quick Access Toolbar berisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternative penggunaan perintah yang sering digunakan. Sebagai contoh, tool Open merupakan shortcut dari Office Button>Open, atau tool Save merupakan shortcut dari Office Button>Save.

Menu Bar berisi serangkaian perintah yang didalamnya terdapat sub-sub perintah sesuai kategorinya. Sebagai contoh, pada menu Home terdapat submenu Clipboard, Font, Paragraph, Styles, dan Editing yang didalamnya berisi perintah-perintah sesuai kategorinya.

Ribbon berisi perintah-perintah khusus yang merupakan submenu dari Menu Bar.

Ruler merupakan kotak pengukuran yang diletakkan secara horizontal, yaitu di atas dokumen, dan secara vertikal, yaitu di sebelah kiri dokumen. Ruler berfungsi untuk mempermudah melakukan pengaturan letak halaman.

Status Bar adalah baris horizontal yang menampilkan informasi jendela dokumen yang sedang ditampilkan.

View Toolbar berisi pengaturan jenis tampilan dokumen.

Ketika bekerja pada dokumen menggunakan Microsoft Office Word 2007, kadang-kadang pengguna mungkin perlu untuk menggabungkan beberapa dokumen ke dalam satu dokumen tunggal. Misalnya, ketika penulis sedang menulis sebuah buku novel dengan menyimpan dokumen setiap bab sebagai individu, menciptakan banyak file dokumen untuk satu buku. Ketika novel selesai, penulis mungkin ingin menggabungkan semua dokumen terpisah ke dalam satu dokumen tunggal dalam rangka menciptakan daftar isi dan indeks untuk seluruh buku dalam satu lembar kerja.

Untuk menggabungkan beberapa dokumen Word pada Microsoft Word 2007, ikuti langkah-langkah yang terdapat di bawah ini:

Langkah 1

Tampilkan dokumen baru kosong, dan kemudian settinglah tampilan sesuai keinginan. Sebagai contoh berilah Page Border, Page Color atau apapun yang diperlukan dalam menunjang tampilan gabungan file Anda tersebut.

Langkah 2

Klik menu bar INSERT. Kemudian klik Object, tentukan pilihan Anda pada Text From File

Langkah 3

Tentukanlah file-file yang ingin digabungkan. Lakukan dengan cara klik salah satu file kemudian tekan Ctrl pada keyboard Anda.

Langkah 4

Klik Insert pada tampilan dan diatas dan akan menjadi tampilan seperti berikut ini.

Selamat mencoba… Semoga bermanfaat ^__^

0 thoughts on “Menggabungkan Beberapa File Di Dalam Suatu Lembar Kerja

  1. kereen infonya, tips ini yg saya cari :thumbup:
    kontennya jg ga bertele2 dan membingungkan demi sebuah keywoard destiny…. :capedes

    webnya juga oke, rapi ga bnyak iklan :recsel

  2. maksud nya bukan gitu jadi kita udh ngetik 2 lembar terus igin diprint agar menjadi 1 lembar gimana?
    tp tulisan nya tdk dikuragi..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.