July 25, 2024

Efek Air Laut pada Swishmax

2 min read

Pada episode kali ini tutorial saya akan membahas mengenai efek air laut, di lihat sekilas efek ini sangatlah mudah karena hanya memerlukan efek move saja. Namun saya akan membantu bagi yang kesulitan atau yang mempunyai ide membuat objek air laut namun masih bingung menjalankan efeknya. Okelah kalo’ begitu, mari sebelumnya kita gambar objeknya terlebih dahulu.

Langkah 1

Bukalah layout swishmax terlebih dahulu, gambarlah objek lautan, pasir dan pepohonan seperti pada contoh dibawah ini.

Langkah 2

Untuk background awan, saya memakai gambar. Untuk objek pasir, saya memakai rectangle tools dengan fill linear gradient pilih warna coklat. Bagi yang ingin memperhalus lengkungan kita bisa mengaktifkan reshape tools terlebih dahulu, dan mulai membuat lengkungan halus dengan smooth. Begitu juga untuk objek pepohonan disekitarnya dengan mengunakan rectangle tools. Bagi yang ingin memperhalus lengkungan kita bisa mengaktifkan reshape tools terlebih dahulu, dan mulai membuat lengkungan halus dengan smooth. Buat objek lautnya. Dengan mengunakan ellipse tools. Bagi yang ingin memperhalus lengkungan kita bisa mengaktifkan reshape tools terlebih dahulu, dan mulai membuat lengkungan halus dengan smooth.

Langkah 3

Setelah langkah 2 selesai dibuat, marilah kita menambahkan objek ombak air laut. Kita bisa mengunakan ellipse tools kemudian pilih fiil color dengan linear gradient pilih warna biru dan putih kemudian aktifkan reshape tools tarik bagian kiri dan tengah hingga membentuk seperti ini

Langkah 4

Tambahkan objek buih-buih air laut dengan cara yang sama seperti diatas, namun sedikit dibuat banyak lekukan- lekukan. Posisikan di sebelah diatas objek ombak air laut yang sudah kita buat sebelumnya, lihat hasil seperti ini.

Langkah 5

Gabungkan objek ombak air laut dan buih air laut ke dalam grouping – group as sprite (sebelumnya klik kanan pada kedua objek tersebut). Setelah tergabung pada komponen sprite, mari kita copy dan paste objek ombak air laut tersebut. Saya sengaja menambahkan 2 insan muda mudi yang duduk-duduk menikmati pemandangan ombak laut sebagai ilustrasi untuk menambah keindahan sekitar laut.

Langkah 6

Setelah ombak air laut selesai dibuat, marilah kita beri efek pada ombak air laut tersebut. Disini saya memilih efek move dan remove untuk gerakan ombak laut. Ketika memberi efek pastikan objek dalam keadaan aktif. Efek gerakan air laut diberikan 1 persatu dan dibuat terus berulang kali dengan convert to sprite. Berikut ini tampilan efek pada timeline.

Mudah-mudahan bermanfaat, selamat mencoba.

Hasil Akhir

0 thoughts on “Efek Air Laut pada Swishmax

  1. bagus mbak.. tapi kayaknya kalo efect remove di ganti fadeout kayaknya lebih bagus mbak.. jadi hilangnya gak patah.. bisa jga pake fadein diawal tampil, menurut saya sih mbak.. ^_^ di tunggu tutor berikutnya..

  2. keren jeng…

    koreksi aja dikit…untuk pembuatan efek nya make gambar ya waduh ngak keliatan jeng…dak jelas…itu dari frame berapa ke berapa gitu…

    stubuh dengan ndie…make efek fadein dan fadeout lebih mangstap…

    bagus untuk refrensi buat animasi

  3. @ Dhanank : saya sudah coba mas dhanank, dan menurut saya lebih bagus mas kalo pake fadein fadeout. ^_^

    @mbak nessa : sama2 mbak. di tunggu mbak tutor berikutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.