July 18, 2024

Cara Membuat Menu Pop Up pada Flash

2 min read

Pop up menu merupakan tombol menu yang berisikan beberapa sub-menu lain. Flash tidak memiliki tool khusus untuk membuat menu seperti ini. Namun dengan sedikit trik, kita bisa membuatnya, bahkan untuk yang kompleks sekalipun. Untuk menggunakan tutorial ini, saya asumsikan anda telah mengenal konsep menggambar dalam Flash, serta penggunaan Symbol berbentuk Movie Clip dan Button.

Langkah 1

Buat sebuah objek yang akan digunakan sebagai tombol menu utama, ubah objek tersebut menjadi symbol berbentuk Movie clip dengan menekan F5, kemudian pilih Movie Clip.

Langkah 2

Setelah menjadi objek movie clip, klik dua kali pada objek tersebut hingga kita masuk ke dalam mode pengeditan symbol. Pada mode pengeditan ini akan terdapat tulisan Symbol pada bagian atas.

Langkah 3

Pada mode pengeditan symbol ini, convert kembali objek menjadi symbol berbentuk Button.

Langkah 4

Setelah berubah menjadi symbol berbentuk button, isikan skrip berikut pada Action-Button (sebelumnya, tombol dapat diberi state terlebih dahulu agar tampak lebih menarik) :

on (rollOver) {

gotoAndStop(2);

}

Langkah 5

Pada frame 1, isikan stop untuk menghentikan timelinenya pada Action-Frame

stop();

Langkah 6

Buat keyframe pada frame 2 dengan klik kanan kemudian pilih Insert Keyframe (atau dengan menekan tombol F6).

Langkah 7

Pada frame 2, copy-kan tombol menu untuk membuat sub menunya dengan Alt+Drag. Lalu klik kanan pada objek copy tersebut dan pilih Duplicate Symbol. Duplikasi ini dimaksudkan agar submenu bisa kita beri teks yang berbeda dengan tombol menu. Klik dua kali pada tombol submenu untuk mengganti teksnya.

Dengan cara yang sama, buat satu buah submenu lagi sehingga tampak seperti berikut :

Langkah 8

Buat sebuah layer baru, kemudian buat keyframe kosong pada frame 2 nya, dengan klik kanan pilih Insert Blank KeyFrame (letakkan layer baru tersebut dibawah Layer 1).

Langkah 10

Pada Layer 2 frame 2, buat area kotak seperti tampak pada gambar dibawah. Sebelumnya, pastikan icon Object Drawing pada toolbox tidak aktif.

Langkah 11

Buat kembali area kotak yang lebih kecil menggunakan warna yang berbeda seperti tampak pada gambar. Disini saya menggunakan warna hijau. Bila telah selesai, kotak hijau tadi bisa kita hapus dengan tombol Delete.

Langkah 12

Untuk sementara kita memiliki area kotak dengan bolong ditengahnya seperti tampak pada gambar dibawah.

Langkah 13

Convert area kotak tersebut menjadi Symbol berbentuk Button.

Langkah 14

Setelah menjadi Symbol Button, klik dua kali pada area tersebut dan pindahkan keyframe dari kondisi Up ke kondisi Hit, sehingga bagian Up Over dan Down tidak memiliki gambar apapun. Lalu kembali ke Symbol1 bila telah selesai.

Langkah 15

Buka panel ActionScript untuk area kotak tersebut dan isikan skrip berikut pada Action-Buttonnya :


on (rollOver) {

gotoAndStop(1);

}

Skrip ini memberikan aksi saat kursor mouse kita menyentuh area kotak tersebut, maka submenu akan menutup kembali (kondisi pada frame 1)

Kembali ke Scene 1, dan pop up menu kita telah bekerja! πŸ˜€

Hasil Akhir

Selamat mencoba dan semoga memberikan manfaat.

0 thoughts on “Cara Membuat Menu Pop Up pada Flash

  1. masuk juga ye? hehehe.. ini emang gak keluar swf nya atau koneksi disini aja yang bikin swf nya gak keluar?

  2. oalah…setelah mengikuti dari awal sampe akhir, script nyo cuma 2 baris, :hammers dong dong…yang lamo desain menu nyo itu

    inti nya, dijadiin button yo dak pak anggi, terus script rollover itu yang ngejalani nya heheheeh :amazed:

  3. @raise – hehehe.. ngarep coding ye? yang pasti kalu liat di tutorial web lain pasti panjang lebar kali tinggi.. yang ini dah disederhanakan n disimpulkan.. jadi ini biso dibilang button di dalam movie clip

  4. mas minta tolong dong !!! :confused:

    pada langkah ke-4

    Langkah 4

    Setelah berubah menjadi symbol berbentuk button, isikan skrip berikut pada Action-Button (sebelumnya, tombol dapat diberi state terlebih dahulu agar tampak lebih menarik) :

    on (rollOver) {

    gotoAndStop(2);

    }

    setelah dibuat simbol … symbol’a g bisa dimasukkan action la !!!!
    dia bilang gini : “current selection cannot have actions aplied to it”

    gimana ini mas !!!
    tolong pencerahannya !!!

  5. @osx siahaan – itu mungkin menggunakan ActionScript 3.0.. kita masih make ActionScript 2.0 loh.. jadi pas bikin file baru, pastikan kita milih ActionScript 2.0.. begete.. selamat mencoba πŸ™‚

  6. .
    thx tutornya mas !!!! :iloveindonesias

    tp …. :amazed:
    jadi kalau buat cabang satu lagi ditiap menu gimana mas ??? 😑

    misalnya kalau kita sorot submenu 1 keluar sub.submenu 1, 2, dst ….

    thx b4 :shakehand

  7. mau tanya donk cara membuat tombol back dalam movie cliep bagaimana yah…

    contoh kasus ya begini neh..
    saya membuat 10 button dari 1 s/d 10 dan sudah saya loadmovie gambar masalahnya itu pas diklik button 1 muncul gambar tapi ga mau kembali ke menu button 1 sampai 10 itu…?

  8. saya mau nanya.. cara bikin tombol pada macromedia flash 8 yang muncul keterangannya jita cursor diarahkan ke tombolnya itu bagaimana ya?? cnth simpelnya seperti pada facebook.
    pada saat cursor diarahkan pada gambar kotak pesan, muncul keterangan pesan suara..
    mohon bantuannya.. saya lagi buat TA πŸ™ dan bener bener butuh.. terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.