July 24, 2024

Validasi Form dengan PHP

2 min read

Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai script sederhana yang menangani Validasi pada Form. Validasi adalah istilah yang bisa diartikan sebagai pengecekan pada penginputan data melalui form dan berupa pengecekan bagi user yang tidak diperkenankan mengklik tombol submit selagi komponen form masih ada yang kosong, pengecekan karakter numeric serta pencegahan kesalahan dalam penulisan format email. Validasi perlu dilakukan untuk mencegah kesalahan dan mengecek kebenaran data yang dimasukkan. Pada dasarnya validasi form ada dua macam yaitu validasi yang melibatkan database dan yang tidak melibatkan database. Validasi yang melibatkan database adalah validasi yang digunakan pada form login yang mengharuskan data pada database dengan data yang dimasukkan melalui fom harus sama. Nah, pada kesempatan akan dibahas validasi sederhana yang tidak melibatkan data yang disimpan pada database.

Tanpa panjang lebar langsung aja yuk dicoba…

Langkah 1

Ketik script lengkap yang bisa kamu unduh di [download id=”64″]

Langkah 2

Setelah script diatas selesai diketik, jalankan melalui webserver dengan mengetikkan alamat host localhost atau 127.0.0.1 hingga tampil seperti gambar berikut :

clip_image006

Langkah 3

Pada tampilan form yang telah dibuat seperti gambar diatas, secara otomatis script akan segera berjalan apabila user memasukkan data nama, email, web/blog, komentar dan mengklik tombol Kirim Komentar. Jika salah satu diantara komponen form tersebut terdapat kesalahan dalam penginputan data, misalnya nama belum dimasukkan script akan segera memberikan pesan error seperti gambar berikut :

clip_image008

Langkah 4

Begitu juga ketika terjadi kesalahan dalam penginputan data berupa huruf, script akan memberikan pesan error yang menjelaskan bahwa tidak diperkenankan memasukkan karakter angka. Selain itu script diatas juga akan mengecek kebenaran format penulisan email yang dimasukkan dengan fungsi eregi.

clip_image010

Selamat mencoba Smile

0 thoughts on “Validasi Form dengan PHP

  1. ok thanks mas, tapi kalo mau sekalian di masukin ke database, setelah gag ada error sintaxnya kaya gmna ya mas?
    hehe maklum baru bisa, bnyak nnya..
    ditunggulih jawabanya mas..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.