July 17, 2024

Efek Api Nan Apik Dengan Adobe Photoshop

2 min read

Banyak sekali kreasi efek-efek yang dapat kita pelajari saat sedang bermain dengan Photoshop. Mulai dari kreasi efek yang sederhana sampai ke tingkat lebih lanjut. Kalian tentu pernah dengar efek api? Kalau kita searching memanfaatkan Google tentu bakal banyak sekali yang kalian temukan. Kali ini saya juga ingin berbagi buat pembaca Portal Student News supaya pengetahuan kalian makin pintar dan bisa berbagi kesesama.

Tutorial kali ini akan menggunakan beberapa teknik seperti memanfaatkan blending mode. Buat yang tidak tahu fungsi blending mode, hayo coba kalian cari tahu sendiri supaya rasa penasarannya hilang. Selain itu juga menggunakan gradient dan beberapa jenis tool lainnya. Simak berikut ini langkah-langkahnya.

Langkah 1

Buka program Photoshop yang sering kalian gunakan. Dan seperti biasa kita akan membuat kanvas baru. Untuk ukuran kanvas, sesuai kebutuhan dengan cara klik file > new > lalu isikan nilai pada kotak dialog dengan ukuran yang ingin di pakai, dan akhiri klik Ok.

image

Langkah 2

Selanjutnya adalah membuat efek awan, dengan cara klik filter > render > cloud. Pastikan warna foreground berwarna hitam dan background putih.

image

Langkah 3

Setelah itu lanjutkan klik filter > render > different clouds. Tekan ctrl+F untuk mengulang efek dan mencari tekstur yang sesuai.

image

image

Langkah 4

Buat layer baru lagi (CTRL + SHIFT + N), lalu aktifkan gradient tool. Kemudian setting warna gradien seperti berikut :

image

image

Lalu akhirin dengan klik Ok. Selanjutnya pilih option gradient linear, tarik dari kiri ke kanan.

image

image

Langkah 5

Kemudian ubah blending mode layer tersebut menjadi multiply.

image

image

Langkah 6

Masih pada layer 1, pilih kembali gradient tool. Kali ini dengan pilihan Foreground to transparant. Lalu tarik pointer dari bawah sampai ketengah.

image

image

Langkah 7

Buat layer baru (CTRL + SHIFT + N), kemudian klik filter > render > cloud. Akan digunakan untuk membuat efek awan yang baru.

image

Langkah 8

Masih pada layer yang sama (layer 2), klik filter > render > different clouds.  Tekan (Ctrl+F) untuk mengulangi efek atau untuk mencari tekstur yang diinginkan.

image

image

Langkah 9

Pada layer 2, aktifkan eraser tool, lalu hapus setengah bagian tekstur.

image

Langkah 10

Masih pada layer 2, klik filter >liquify. Untuk membentuk jilatan-jilatan api. Aktifkan tool twirl clockwise. Lalu sapukan pointer ke arah tekstur, Jika telah selesai akhiri ok.

image

Maka hasil setelah di beri efek liquify, hasilnya akan tampak seperti gambar.

image

Langkah 11

Pada tahapan ini, klik icon Create new or adjusment layer pada pallete layer. Lalu pilih gradient map.

map

image

Langkah 12

Lakukan setting warna gradient seperti berikut. Dengan meng-klik warna gradient.

image

image

Langkah 13

Sekarang efek api telah selesai, kalian dapat menurunkan efek api tersebut dengan move tool (V), dan pastikan layer 2 yang aktif.

image

Langkah 14

Tahapan berikut memasukkan objek gambar pada api. Pada kali ini saya menggunakan gambar yang telah didownload pada google, dengan keyword yoga. Klik file > open > pilih gambar. Gambar ini sebelumnya telah saya hilangkan backgroundnya hingga menjadi transparan.

image

Langkah 15

Aktifkan move tool, tarik gambar kedalam efek api.

image

Langkah 16

Pada layer gambar, klik icon Add layer mask. Lalu tekan CTRL + Backspace pada keyboard. Pastikan background berwarna hitam. Aktifkan brush tool, sapukan pointer secara perlahan.

image

Hasil Akhir

Hasil yang akan kita dapat tentunya menabjubkan ya. Kamu tentu bisa lebih berkreasi lagi dengan efek yang udah dipelajarin.

image

Selamat mencoba dan berkreasi ya Winking smile

0 thoughts on “Efek Api Nan Apik Dengan Adobe Photoshop

  1. upzzzzzzz…….
    makin exix be kak reza nieah……..
    keren2 kak…..
    tpi apinyo kurang hdup kak cubo agak panasan dikit mungkin lebih hdup…
    pisssssss kak 😀
    hehehe

    :afro:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.