July 17, 2024

Teknik Reset Password BIOS Komputer

3 min read
Cara Mudah Mendaftar Keanggotaan E-Resource Perpusnas RI

Sebelumnya artikel ini sudah pernah saya posting di blog pribadi saya yang lama http://dosen.PalComTech.ac.id/khotop/topofthetop, beberapa blog rekan-rekan yang lain juga ada yang mengambil tutorial saya untuk ditampilkan di blog mereka. Namun karena blog saya tersebut tidak bisa di akses lagi maka saya coba reposting ulang kembali di portal ini dan di update sedikit dengan harapan bisa berguna bagi siapa saja yang membutuhkannya.

Seringkali kita dipusingkan dengan password BIOS disaat kita ingin masuk kedalam setting BIOS. Itu disebabkan karena kita lupa pasword, atau juga saat kita ingin memperbaiki komputer teman kita tapi tidak tahu password , atau bisa jadi BIOS komputer kita dijahili orang lain sehingga tidak bisa masuk kedalam setting BIOS. Ada banyak cara untuk bisa masuk kembali ke setting BIOS. Berikut beberapa cara untuk bisa masuk kembali kesetting BIOS jika kita tidak mengetahui passwordnya.

1. Reset Jumper BIOS

Ini adalah cara terampuh yang sering dilakukan untuk mereset password BIOS. Namun harus sedikit keluar tenaga karena harus membuka casing komputer.

Langkah-langkahnya :

  • Buka penutup casing komputer. Untuk berjaga-jaga sebelum membuka cassing komputer sebaiknya lepas kabel power listrik dari komputer terlebih dahulu untuk mencegah terkena aliran setrum.
  • Lihat di mainboard dan carilah Jumper BIOS, biasanya letaknya ada didekat Batere BIOS dengan kode JBAT, JP1, CLR_CMOS atau CCMOS dengan jumlah pin sebanyak 3.

clip_image004

Dalam posisi normal Jumper berada pada posisi pin 1 dan pin 2, dan posisi clear adalah pin 2 dan pin 3. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca manual book dari mainboard yang anda gunakan.

  • Jika sudah menemukan jumper tersebut langkah selanjutnya adalah cabut dan pindahkan jumper dari posisi pin 1 dan 2 keposisi pin 2 dan pin 3.
  • Lalu tekan tombol power pada cassing seperti kita menghidupkan komputer. Jika posisi jumper yang anda pindahkan benar maka komputer tidak akan menyala saat anda menekan tombol power. Tetapi jika komputer menyala maka kemungkinan anda salah memindahkan posisi jumper atau bukan jumper reset BIOS yg anda pindahkan. Untuk itu teliti danberhati-hatilah.
  • Setelah itu kembalikan posisi jumper keposisi normal kembali yaitu pin 1 dan pin 2. Setelah itu hidupkan kembali komputer anda dengan cara menekan tombol power. Jika berhasil cobalah masuk ke menu setting BIOS, maka password BIOS sudah tidak ada lagi. Jika masih ada password ulangi cara diatas dengan lebih teliti lagi.

Note : Ada beberapa mainboard khususnya mainboard komputer lama (286,386,486) tidak mempunyai jumper BIOS. Anda bisa melepas batere CMOS kemudian memasangnya kembali, atau Jika ini anda alami maka mata anda harus jeli. Carilah 2 titik timah dalam lingkaran kecil yg posisinya dekat batere BIOS. Untuk meresetnya gunakan obeng dan sentuh 2 titik timah tersebut, lalu tekan tombol power seperti cara diatas. Mungkin cara ini sedikit berbahaya jika anda tidak mengetahui dengan benar posisi 2 titik timah tersebut. Sedikit ada percikan listrik seperti konslet saat kita melakukan proses ini. Jadi berhati-hatilah untuk cara yg satu ini.

2. Menggunakan Software CMOSPWD.EXE

Cara kedua lebih mudah karena kita menggunakan software. Ada banyak software untuk mereset password BIOS, salah satunya yang sering saya gunakan adalah CMOSPWD.

Langkah-langkahnya :

  • Download di internet software CMOSPWD.EXE, silahkan anda cari sendiri ya
  • Simpan file tersebut ke dalam flashdisk atau harddisk komputer anda.
  • Jalankan program tersebut melalui mode command prompt (Start > Program > Accessories > command prompt atau Start > Run > ketik CMD lalu enter )
  • Masuk direktori dimana anda menyimpan file tersebut, lalu ketikkan CMOSPWD lalu enter. Jika berhasil akan muncul password BIOS ada. Password BIOS anda Bisa dimunculkan dalam bentuk kode atau password asli BIOS anda, tergantung dengan manufactur BIOS yang digunakan.
  • Selanjutnya anda tinggal mencoba kode tersebut untuk masuk ke dalam setting BIOS

3. Menggunakan Software PASS.EXE

Software yang satu ini tidak memberitahukan kode password BIOS komputer kita seperti software CMOSPWD, tapi jika kita gunakan maka akan langsung mereset password seperti kita melakukan reset BIOS dengan menggunakan Jumper.

Langkah-langkahnya :

  • Download di internet software PASS.EXE, silahkan anda cari sendiri ya
  • Simpan file tersebut ke dalam flashdisk atau harddisk komputer anda.
  • Jalankan program tersebut melalui mode command prompt (Start > Program > Accessories > command prompt atau Start > Run > ketik CMD lalu enter )
  • Masuk direktori dimana anda menyimpan file tersebut, lalu ketikkan PASS lalu enter. Jika berhasil tidak akan muncul pesan apapun di layar, hanya ada tampilan direktori aktif saja.
  • Selanjutnya cobalah masuk ke Menu BIOS lagi, maka password BIOS akan hilang dan BIOS tidak ada password lagi.

Note :

Penulis tidak bertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang terjadi saat anda mencoba teknik ini, namun teknik ini sering penulis lakukan dan belum mengalami kegagalan.

0 thoughts on “Teknik Reset Password BIOS Komputer

  1. paaak tolong pak sofware PASS.EXE.nya ngak ketemuu
    mohon bantuan
    cara pertama ngak bisa karna lptop
    cara kedua juga udah di coba tapi ngak bisa
    cara ketiga belum di coba krna belum ada software.nya mkasih pak

  2. makasih infonya pak. kalo buat laptop yang password login & biosnya terlupakan dan gak bisa boot dari cd, bisa di-share caranya pak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.