July 17, 2024

Cara Mudah Membuat Ringtone Menggunakan Ringtone Maker

2 min read

Sebelumnya mungkin kita sudah pernah mendapatkan tutorial membuat ringtone menggunakan Cool Edit Pro. Nah, tutorial kali ini sebenarnya tujuannya sama, hanya saja pada pembuatan ringtone ini saya menggunakan software yang berbeda, yaitu Ringtone Maker. Software yang lebih mudah dan simple dalam pengeditan dan pembuatan sebuah ringtone.

Langkah 1

Bukalah software melalui shortcut atau start program

clip_image002

Langkah 2

Kemudian akan tampil seperti gambar.

clip_image004

Dapat dilihat terdapat tampilan 1 yang merupakan bagian untu memilih file music dari drive dan folder serta di bagian yang nomor 2 merupakan panel edit ringtone. Sedangkan bagian nomor 3 merupakan bagian Create atau file akan di-export menjadi ekstensi apa.

Langkah 3

Untuk pindah driver dan folder dan mencari lagu apa yang akan dijadikan ringtone caranya yaitu:

image

Klik icon drive tersebut kemudian pilih dimana kita meletakkan file. Contoh file saya yaitu pada drive E:\song. Kemudiah cari lagu yang anda inginkan.

Langkah 4

Langkah selanjutnya adalah memasukkan lagu yang kita pilih ke tempat pengeditan nomor 2 yaitu Edit ringtone stage. Caranya yaitu dengan cara mengklik lagu kemudian klik import music atau dengan cara men-drag lagu langsung ke stage.

image

Dapat dijelaskan bahwa bar (persegi panjang) berwarna merah merupakan ringtone length atau durasi dari ringtone yang akan buat. Kita dapat merubah durasi panjang ringtone sesuai dengan keinginan kita dengan cara mendekatkan kursor ke sisi akhir bar tersebut sampai keluar tanda panah kanan dan kiri, kemudian tarik kursor sepanjang waktu yang diinginkan.

Bar tersebut juga menentukan awal lagu dimainkan, caranya sama seperti mengatur length lagu, dengan cara mendekatkan kursor akan tetapi bagian yang didekatkan adalah bagian tengah dari bar merah tersebut sehingga mouse berubah seperti icon tangan. Geserkan sesuai bagian lagu yang ingin kita potong sambil musik dimainkan dengan menekan tombol PLAY yang ada di stage 2.

Langkah 5

Untuk mengatur posisi track caranya adalah klik lagu di stage sehingga tampilan berubah menjadi seperti di bawah ini (kuning yang di-highlight).

magix ringtone

Langkah 6

Apabila hanya satu lagu saja yang ingin dibuat tanpa kombinasi saja, maka Anda langsung saja Create ringtone, dengan memilih format apa yang diinginkan misalnya, as MP3. Klik button as MP3 kemudian akan tampil.

clip_image010

Anda dapat menyimpan file tersebut sesuai dengan folder yang telah anda siapkan.

Langkah 7

Akan tetapi jika anda ingin me-medley lagu tersebut maka anda tinggal memasukkan lagu lain di track selanjutnya seperti ini, dan me-mixing lagu tersebut sesuai dengan selera musik anda, baru kemudian lagu disimpan dengan cara nomor 6.

clip_image012

Mudah dan cepat kan Winking smile

0 thoughts on “Cara Mudah Membuat Ringtone Menggunakan Ringtone Maker

  1. Tulisannya bagus mas, kalo boleh ngusul..bikin tulisan juga tentang tutorial membuat video karaoke. pernah saya coba tapi kok hasilnya gak bagus. Bagusan pakai softwarre apa ya?? 🙂 terima kasih. oh ya PalComTech ada di makassar gak ya?? 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.