July 13, 2024

Memahami Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

2 min read

Seperti yang kita ketahui, di internet saat ini banyak sekali website ataupun blog yang dibangun menggunakan sebuah software yang berbasis CMS (Content Management System), seperti yang kita kenal ada beberapa contohnya antara lain: wordpress, blogspot, blogdrive, multiply, dan banyak lagi yang lainnya.

Saya ingin berbagi pengetahuan tentang WordPress yang saat ini sangat banyak digunakan oleh setiap orang dalam membuat website ataupun blog. Sebagai permulaan disini akan dibahas tentang perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org, yang harus diketahui agar kita bisa membuat web yang sesuai dengan keinginan kita.

Sebagi seorang pemula dalam dunia WordPress, tadinya juga belum begitu paham tentang apa perbedaannya, dan setelah mendapatkan pencerahan dalam Pelatihan Aplikasi Web Berbasis CMS yang dibawakan Mr Deddy Wijaya pada tanggal 10-Maret-2010 selama 3 hari di PalComTech Pusat, serta berbekal dari googling di internet, saya akan coba memaparkan apa sih perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org.

Baik WordPress.com ataupun WordPress.org masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, yang dapat kita sesuaikan dengan keinginan kita nantinya, nah langsung saja kita bahas antara kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

WordPress.com
Kelebihan
Kekurangan
Blog yang di sediakan gratis Tidak dapat menginstal tema sendiri
Proses instalasi web dikendalikan oleh pihak wordpress secara otomatis Tidak dapat menginstal plugin sendiri
Memiliki ruang pengimpanan yang cukup besar mencapai 3 GB Tidak dapat mengubah tag html, php, ataupun javascript pada tema
Pihak wordpres akan membackup data secara otomatis Alamat blog menggunakan subdomain dari wordpress
Keamanan web dijamin oleh pihak wordpress

 

WordPress.org
Kelebihan
Kekurangan
Aplikasi wordpress dapat di unduh, dan di instal di komputer serta di desain sendiri sesuai dengan keinginan Diperlukan hosting dan domain untuk mempublikasikan web atau blog, dan tentunya membutuhkan biaya
Dapat menginstal tema sendiri Tidak dapat membackup data sendiri
Dapat menginstal plugin sendiri Pengguna harus membentengi blog dari serrangan spam dan hacker
Koding pada bagian web dapat di edit sesuai dengan keinginan Harus memahami koding dalam mengedit bagian html, php atau javascriptnya

Sedikit saran yang bisa di sampaikan di sini, jika anda ingin membuat web atau blog yang simple dan tidak mau di repotkan untuk masalah instalasi, hosting, keamanan dan backup data, disarankan anda memilih wordpress.com, sedangkan jika anda ingin berkreasi lebih banyak dengan web ataupun blog anda, maka anda dapat memilih wordpress.org.

Seperti itulah beberapa perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org, dan saran dari saya, dan bagi yang mau menambahkan perbedaan antara wordpress.com dan wordpress.org silahkan di komen ya  Winking smile

Ok, sekian saja dulu bahasannya yaรขโ‚ฌยฆ. sampai ketemu lagi untuk materi instalasi wordpress, dan spesial thankz buat ko deddy tuk training WordPressnya.

0 thoughts on “Memahami Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

  1. Saia juga mengucapkan terima kasih untuk master Trainer aplikasi Web kito nich “Deddy Huang”… ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.