July 24, 2024

Beberapa Unsur Penting dalam Pembuatan Header untuk Website

2 min read

Header di dalam web memiliki peranan yang cukup penting dalam sebuah website karena header merupakan sebagai simbol dari suatu website. Header adalah apa yang dilihat pengunjung pertama kali saat membuka website. Seperti halnya kop surat, ia selalu kelihatan di semua halaman website. Maka dari itu, header biasanya memuat logo atau ikon tertentu yang melambangkan pemilik website. Secara harfiah, header diartikan sebagai sebuah ruang grafis yang terletak di bagian paling atas website.

Jika website diibaratkan sebuah buku, maka header adalah covernya. Seperti yang kita tahu, sebelum seseorang membeli buku, ia selalu melihat dulu bagaimana covernya. Dalam psikologi komunikasi diutarakan pula bahwa cover yang unik cenderung membuat orang lebih tertarik mempelajari lebih dalam isi buku tersebut.

web-design_header

header_web_design

Penelitian pun telah menyebutkan bahwa orang lebih mudah mengingat ‘gambar dalam website’ dari pada ‘teks-teks dalam web’. Coba anda buka sebuah web, amati selama 10 detik, kemudian tutup kembali web tersebut. Apa yang anda ingat? Biasanya cuma dua hal: desain header dan judul webnya. Ada beberapa unsur penting yang harus diperhatikan dalam membuat atau memilih desain untuk header web, diantaranya:

Khas dan Berkarakter

Header web yang digunakan dalam website sebaiknya berbeda dengan website-website lain. Header yang ‘pasaran’ membuat orang berpendapat bahwa web tersebut ‘sama saja’ dengan web yang lainnya.

Eye Catching dan Unik

Seperti halnya iklan, header tersebut harus mengundang simpati orang yang melihatnya, sekalipun itu cuma sederhana. Selain itu gunakan gambar, tulisan, maupun logo yang sekiranya  belum pernah dilihat orang yang sebelumnya.

Mencerminkan isi website

Seperti halnya cover buku, header harus melambangkan isi seluruh website. Hal ini penting karena sangat menyangkut image pengunjung pada web. Jangan pasang gambar pemandangan jika ingin berbicara tentang komputer, jangan pasang gambar sapi jika berbicara tentang ayam, dan jangan pasang gambar artis jika ingin berbicara tentang agama.

Tidak dapat dipungkiri bahwa semua unsur penting dalam pembuatan header diatas memang dibutuhkan sebuah ide kreatif untuk merancang atau memilih Header yang khas, unik, dan menarik.

 

Sumber gambar : net

0 thoughts on “Beberapa Unsur Penting dalam Pembuatan Header untuk Website

  1. @mbak ya…

    ehem…………

    trims nieah mbak tips na…
    smoga saya tidak susah lgi menentukan header website…
    ^_*
    :thumbup:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.