July 21, 2024

Screencast Di Linux Dengan Ffmpeg

3 min read

Screencast. Apa itu? Screencast adalah rekaman langsung seluruh atau sebagian layar komputer kita dalam bentuk video. Dikenal juga dengan video screen capture (tangkapan layar dalam bentuk video). Biasanya digunakan sebagai tutorial.

Metode membuat tutorial, yang paling gampangan adalah dengan kata-kata saja (metode paling konvensional), kemudian ada yang dilengkapi dengan gambar (seperti yang kita temui di portal tutorial kita tercinta, http://news.PalComTech.com/tutorial). Lalu [metode selanjutnya] untuk lebih jelas lagi  dan tampak lebih *ehm* profesional, tutorial dibuat dalam bentuk video. Nah! Ini yang ingin kita lakukan sekarang.

Untuk membuat video ini, hanya diperlukan 2 aplikasi sederhana, xwininfo dan ffmpeg. Kedua-duanya berjalan di terminal. Aplikasi yang pertama, xwininfo, telah tersedia otomatis sewaktu kita menginstall linux. Dan yang kedua, ffmpeg, biasanya harus di-‘tarik’ dari internet (atau, bisa di dapat dari DVD repositori, bagi yang memiliki). Saya akan memperagakannya—tentu saja masih dengan metode kedua yaitu dengan kata-kata dan gambar—memakai ubuntu 10.10, maverick merkat.

Pertama, pastikan Anda telah menginstall paket bernama ffmpeg. Sebelum itu, pastikan anda telah mengeset tempat kita menarik paket (kalau tidak tahu caranya, bisa baca artikel sebelumnya: instalasi aplikasi di linux, dan/atau, instalasi aplikasi melalui terminal). Kemudian, buka terminal dan ketik perintah ini di terminal:

sudo apt-get install ffmpeg

 


OK, sekarang kita telah siap untuk melakukan misi pertama, yaitu mengetikkan perintah ini di terminal:

ffmpeg -f x11grab -s 800×600 -r 24 -i :0.0 -sameq out.mpg

…dan gerakanlah ‘tikus’ Anda di layar sebelah kiri atas Anda. Setelah beberapa lama (~30 detik), tekan tombol ‘q‘ di terminal Anda. Dari apa yang Anda lakukan barusan, akan ada 1 file bernama out.mpg di folder/direktori ‘home‘ Anda. Hasilnya seperti yang terlihat pada gambar 1 di atas.

Penjelasan dari perintah di atas adalah:

  • ffmpeg: nama aplikasinya. Yang cara penggilnya adalah seperti di atas.
  • -f x11grab: format masukan kita, yaitu dari layar (layar di linux disebut X window).
  • -s 800×600: size, ukuran layar yang akan ditangkap.
  • -r 24: berapa gambar yang akan direkam/tangkap selama 1 detik (catatan: untuk video yang biasa ditonton, sekitar 24 dan 29 gambar per detiknya).
  • -i :0.0: artinya masukannya dari monitor pertama kita.
  • -sameq: kualitas keluarannya sama dengan kualitas gambar yang ada di layar kita.
  • out.mpg: file keluaran yang dihasilkan.

Selanjutnya, kita akan mencoba merekam satu jendela (window) aplikasi saja. Nah, untuk ini kita perlukan xwininfo. Cara pakainya adalah, ketik ‘xwininfo’ di terminal Anda, kemudian tekan enter. Lalu pilih jendela aplikasi mana  yang ingin kita capture. Nah, hasilnya adalah seperti ini:

Dari data-data yang kita dapatkan dari xwininfo, kita gunakan di ffmpeg untuk hasil yang kita inginkan. Nah, baris ffmpeg kita akan berubah menjadi (yang kita lakukan adalah membuat screencast untuk terminal kita ini):

ffmpeg -f x11grab -s 575×386 -r 24 -i :0.0+112,127 -sameq out.mpg

Seperti biasa, penjelasannya:

  • ffmpeg: nama aplikasinya. Yang cara penggilnya adalah seperti di atas.
  • -f x11grab: format masukan kita, yaitu dari layar (layar di linux disebut X window).
  • -s 575×386: size, ukuran layar yang akan ditangkap. Nilai ini kita dapat dari xwininfo di bagian width dan height.
  • -r 24: berapa gambar yang akan direkam/tangkap selama 1 detik (catatan: untuk video yang biasa ditonton, sekitar 24 dan 29 gambar per detiknya).
  • -i :0.0+112,127: artinya masukannya dari monitor pertama kita, dimulai dari bagian window aplikasi kiri atas. Nilai diperoleh dari xwininfo bagian Absolute upper-left X dan Absolute upper-left Y. Anda perlu menyesuaikan angka di belakang tanda ‘+’ sesuai dengan hasil xwininfo Anda.
  • -sameq: kualitas keluarannya sama dengan kualitas gambar yang ada di layar kita.
  • out2.mpg: file keluaran yang dihasilkan.

Fiuh.. Capek juga buat tutorial begini.. Nah, selanjutnya Ente-ente bisa coba sendiri :). Untuk tambahan, perintah di atas masih belum maksimal. Untuk memaksimalkan hasil, bisa coba googling di internet ;). Cara memaksimalkan keluaran screencast diantaranya
ada yang kita sebut kompresi video, resolusi video, bitrate, berapa gambar yang akan ditampilkan per detik (fps), dsb.

 

Selamat mencoba! 🙂

0 thoughts on “Screencast Di Linux Dengan Ffmpeg

  1. punya usul nih
    bagaimana jika palcom, sharing iso semua linux yang ada

    susah nih bagi mahasiswa cari linux

    – slackware
    – debian
    – ubuntu,dll

  2. @gunawan : setuju banget bro, secara gw inet di rumah lemot, inet di palcom jg lemot bener, mau download dari mana os linuxnya ? padahal materinya sangat butuh os linux, payah ah.., gimana gw mau 100% praktek klo gini caranya -_- -!-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.