July 13, 2024

Memanfaatkan Mozaik Effect pada Texture Photoshop

2 min read

Mungkin kita sudah sering melihat efek-efek texture pada tutorial, Dalam efek ini Text yang kita buat dalam desain seolah-olah dibuat dari berbagai jenis pecahan keramik., disini saya mencoba membuat sebuah efek sederhana dengan memanfaatkan efek textute tersebut. Dengan sedikit efek drop dan inner shadow ditambah bevel and emboss sudah dapat menghasilkan efek yang lumayan artistic yang dapat digunakan dalam project-project desain yang akan kita gunakan.

hasil akhir desain menggunakan mozaik effect.

 

Langkah 1

Untuk membuat efek diatas, hal pertama yang dilakukan adalah membuat teks terlebih dahulu  dengan  ukuran kanvas bebas disini saya buat dengan ukuran 1000 x 658px dengan resolusi 150ppi, lalu beri warna background dengan gradient color seperti gambar berikut

 

Langkah 2

Setelah text dibuat, beri efek inner shadow efek pada teks tersebut dengan angle 900, distance 2px choke 0% dan size 2px

Kemudian masukkan logo atau gambar sebagai variasi desain dari teks yang telah kita buat

 

Langkah 3

Kemudian Gabungkan semua layer yang telah kita buat dengan background dengan cara blok semua layer  > CTRL + E

Langkah 4

Lalu buat seleksi dengan menggunakan lasso tool sebagai area yang akan dibuat efeknya.

Masukkan mode quick mask dengan menekan tombol “Q”. Di sini bagian tidak terpilih akan ditutupi warna merah sementara bagian terpilih akan bersih. Atau dapat juga mengaktifkan Edit in Standard mode pada toolbox.

Langkah 5

Setelah mode quick mask di aktifkan, pilih menu Filter > Texture > Stained Glass

Setelah efek Stained Glass diaktifkan ubah ukuran cell sizenya dengan kebutuhan semakin besar nilainya maka akan semakin besar diameter dari efek Stained Glassnya, sebagai contoh  Cell Size = 40, Border Thickness = 8, Light Intensity = 0 lalu klik ok.

Setelah di OK maka akan tampil seperti gambar berikut.

Langkah 6

Kemudian tekan tombol Q kembali, ini untuk menghilangkan mode quick mask dan menghasilakan seleksi yang berbentuk Stained Glass, lalu duplikat seleksi tersebut dengan CTRL + J sehingga akan membentuk layer baru dengan bentuk Stained Glass.

Langkah 7

Buat layer baru di bawah layer yang berbentuk Stained Glass dan isi dengan warna putih. Tidak harus putih, Anda bisa pilih warna apa pun, tujuan kita hanya menyembunyikan Background.

Langkah 8

Klik ganda pada layer Stained Glass yang telah kita buat tadi, Langkah ini akan memunculkan kotak dialog Layer Style. Dari kotak dialog ini aktifkan Drop Shadow, Inner Shadow, dan Bevel and Emboss. Untuk dua styles pertama, Drop dan Inner Shadow, tidak ada setting khusus cukup yang standar saja.

Untuk Bevel and Emboss pilih Technique: Chisel Hard agar sisi terluar layer terlihat tajam, seperti bentuk keramik. Selain itu Anda mungkin ingin mengubah setting Angle untuk mengubah arah cahayanya.

Dan akhirnya tinggal klik OK untuk menyelesaikan efeknya. Maka desain Stained Glass Pada efek teks selesai. ^^, silahkan di expresikan dengan style kamu..

^^ selamat mencoba ya ..^^

By: Muh. Ridho Ardiansyah

0 thoughts on “Memanfaatkan Mozaik Effect pada Texture Photoshop

          1. Loh.. V3 knp .?? grogi ye 😛 kok salah2 sie ngetiknyo… hehehehe ..:P

          2. wkwkkw….bukan ck itu dho :p
            is–is …
            nak cpet² jdinya slah pencet tuts–tuts ny…wkwkwk

  1. Ayeyeyey … :kr perfect Kk … :thumbup like it :2thumbup

    ganbatte :selamat

    selalu tampilkan terus karya2 nya yg kreen kreen :pertamax

  2. Fitur dari Photo Plus SE Lebih Kreatif membuat creative gambar Anda dengan paintbrushes dan airbrushes removeunwanted objects magic clone tool adjust brushsize shape softness dan fade untuk sebuah control yang sempurna.Menggunakan Layers dan EffectsLebih kreatif dengan layer image dan menerapkan special effect yang canggih text yang menarik. Menambahkan Shadows glows bevels dan banyak lagi tanpa mempengaruhi gambar asli seperti para professional.Digital DarkroomQuickFix Studio memberikan pemotongan foto yang lebih cepat dan mudah menghapus red-eye correct color saturation contrast highlights shadows dan banyak lagi untuk mendapatkan hasil yang baik.Warps dan TransformationsTool Versatile Deform memberikan Anda kebebasan untuk merotasi menambah perspective dan skew gambar Anda lebih cepat selama tool warp memberikan kebebasan kepada Anda untuk mengubah bentuk dan transform foto Anda!Text yang mudah dilakukan Menambahkan pengeditan deformable text terhadap foto Anda dan lebih meningkatkan perspective stunning drop shadows outline glows atau beveleffects untuk dampak yang lebih banyak lagi.Filters dan AdjustmentsMembuat foto menjadi karya seni modern dan menggabungkan pencitraan gambar dengan memberikan efek seperti twirls blurs colour shifts grayscale stained glass edge-detection dan banyak lagi.Menggambar dengan berbagai bentuk Menambahkan ready-made pengkustomisasi QuickShapes untuk beberapa foto great forcaptions dan craft project.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.