July 25, 2024

Membuat Brush Bubble

3 min read

Apakah dalam mendesain kamu sering memakai brush yang kamu download di internet? pastinya kan? supaya hasil desain menjdai lebih bagus lagi, tapi pernahkah kalian membuat mendesign dengan brush buatan sendiri? pernahkah anda coba?. Kalo belum pernah, kamu sangat beruntung sekali membaca tutorial dari saya.. karena dalam tutorial ini saya akan mencontohkan bagaimana membuat brush, nah brush yang akan saya bat kali ini adalah brus bubble.. hmm.. penasarankan?? mari kita ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

Berikut contoh brush yang kita pakai

Langkah 1

Kita buat dokumen yang ukuran kanvasnya agak besar biar brush tersebut menjadi bagus bentuknya.


Langkah 2

Berilah  warna dasar dokumen baru tersebut dengan warna hitam.

Langkah 2

Buat layer baru.. klik Layer > new > layer
buat lingkaran dengan elliptical Marquee tool , drag sambil klik tombol SHIFT biar lingkaran nya bener-bener bulet..


Langkah 3

Klik Edit > Stroke .. beri warna abu-abu agak gelap atau


Langkah 4

Klik Select > Save Selection
untuk menyimpan lingkaran tadi biar nanti bisa di load dengan besar dan tempat yang sama.

Langkah 5

Klik Channel palette.. sebelahnya layer palette..  terus klik Alpha 1

Ini seleksi kita yang sudah di simpen.. jadi nanti gak usah ribet-ribet lagi buat lingkaran dengan besar dan di tempat yang sama.
Sekarang klik RGB channel.

Langkah 6

klik lagi Layer palette. lalu Tekan CTRL + D untuk menghilangkan seleksi. Kemudian Klik Filter > blur > Gaussian blur

Langkah 7

Sekarang buat layer baru di atas layer 1. Klik layer > new >  layer
kemudian kita buka seleksi yang tadi kita simpan. Klik select > load selection.Pilih channel Alpha 1

Langkah 8

Klik Edit > Stroke ini untuk membuat lingkaran tipis.. beri warna abu-abu terang .. lebih terang dari yang pertama…

turunin opacity nya menjadi sekitar 20% .. biar lebih soft keliatannya

Langkah 9

Klik layer 1, Klik Edit > Free Transform. Perkecil lingkaran dengan Blur sehingga tepi nya sama dengan lingkaran tipis.. sambil tekan ALT +SHIFT .. klik + drag pojok kotak seleksi ke tengah.


Jangan lupa waktu perkecil lingkaran sambil tekan tombol ALT + SHIFT bersamaansupoaya lingkran bentuk jadi lebih rapi.

Langkah 10

sekarang buat layer baru lagi di atas layer 2..
Klik layer > new > layer
Klik brush tool .. buat lingkaran yang agak besar.. dengan settingan soft round di Brush setting .. atau klik kanan aja di layar .. nanti muncul ukuran brush nya..setting opacity brush nya sekitar 50%
buatlah 2 brus seperti gambar di bawah ini.

sekarang klik Select > Load selection .. untuk menampilkan seleksi lingkaran lagi..jangan lupa pilih channel alpha 1

Langkah 11

Klik Filter > distort > Pinch
ini untuk membuat lingkaran tadi jadi agak melengkung dikit.

Langkah 12

Buat layer baru lagi.. Klik layer > new > layer
gambar 2 garis tebal dengan brush tool. Liat contoh gambar dibawah ini.

Langkah 13

Buat layer baru lagi. klik layer > new > layer

karena masih ada seleksi lingkaran.. langsung saja Klik Edit > Stroke

Langkah 14

pemberian efek stroke

Hapus sebagian lingkaran dengan eraser tool..  jadinya seperti gambar dibawah

turunkan Opacity menjadi 35%

Langkah 15

Sekarang buat kotak dengan menggunakan rectangle marquee tool.

Langkah 16

Klik Edit > copy merged kemudian Klik Edit laluPaste
Nanti secara otomatis terbentuk layer baru dengan gambar desain bubble yang sudah di beri seleksi kotak tadi dengan kondisi semua layer tergabung (merged)

Matikan semua layer.. kecuali layer yang baru terbentuk.

Langkah 17

ini saat-saat menegangkan.. mengkonversi gambar menjadi brush !! Intinya brush harus memiliki background Putih..
Supaya warna background jadi putih kita invert..
Klik Image > adjustment > invert

Langkah 18

Klik Edit > Define Brush
beri nama Brush hasil karya sesuai nama yang kalian suka.

Kalo udah selesai..brushnya bisa langsung kita pakai!!

Langkah 19

Buka file yang akan kita beri brush bubble

Cara nya klik windows >brushes atau kalo gk mau pakex repot cukup kk tekan shortcut nya aja
Yaitu F5

Langkah 20

Kemudian atur scattering nya seperti pada gambar di bawah ini.

Lalu setting juga shape dynamics nya. ini berfungsi untuk besar kecil masing-masing bubble atau putaran masing -masing bubble
silahkan coba-coba aja deh..

kalo sudah klik di foto yang tadi udah disiapkan.. Tapi jangan lupa untuk membuat layer baru dulu ya,

ukurannya brushnya terserah kamu dah, mau besar, kecil, sedang.. dan jangan lupa untuk beri warna putih  foregroundnya..

ini dia hasil akhirnya

Bagaimana??  bagus bangetkan??

Jangan lupa kasih “like” ya.. ^^

SUMBER :

http://mohdyasir.blogspot.com/p/tutorial-photoshop.html

0 thoughts on “Membuat Brush Bubble

  1. PERTAMAX diamankan gan…

    alangke panjang nyo…ado yang lebih ringkasi lagi dak…

    sep :2thumbup realistic…

    btw alamat blog tuh punyo siapo sir… :travel :tkp

  2. ntar k’tomy kalo udah bisa cari penghasilan ..ane kasih cendol se gerobak,, :cendol :cendol :cendol ,,kalo bisa sekalian sma mamang 2 cendol nya,,,,,hahaha,, :alay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.