July 18, 2024

Corat-Coret Gambar di Photoshop

2 min read

Berawal dari iseng otak-atik gambar, jadi deh! hanya sekedar ingin berbagi dengan teman-teman sekalian berikut cara membuat gambar seperti di bawah ini. Yuk! langsung saja kita ke tutorialnya..

Langkah 1

Pada tutorial ini kita dapat memulai dengan ukuran kanvas yaitu lebar 1280 pixel dan tinggi 1024 pixel. Kemudian beri warna hitam pada background.

Langkah 2

Setelah itu tambahkan sebuah layer baru di atas background dan beri warna #4e2835.

Langkah 3

Tambahkan layer mask pada layer di atas, pastikan foreground anda berwarna putih dan background kita berwana hitam kemudian berikan efek clouds pada layer mask yang baru di buat tadi.

Langkah 4

Pilih eraser tool dengan pinggiran yang halus kemudian hapuslah sekeliling layer masking yang baru kita buat tadi sampai mendapatkan hasil yang lebih kurang seperti di bawah ini.

Langkah 5

Siapkan  gambar yang akan kita edit dengan cara membuka filenya di potoshop dan masukan gambar ke kanvas yang kita siapkan tadi.

Langkah 6

Seleksilah gambar objek yang di inginkan menggunakan maghnetic lasso tool, kemudia balik seleksi dengan menggunakan fasilitas inverse dengan menekan tombol ctrl + shift + I, dan tekan tombol delete untuk menghapus background pada gambar.

Langkah 7

Selanjutnya kita bisa ubah ukuran gambar dengan short cut “ctrl + t” ubah ukuran gambar sesuai dengan selera yang di inginkan. Berilah effek blending option pada objek yang telah di siapkan tadi antara lain yaitu drop shadow, inner shadow, dan outer glow, dengan setting seperti di bawah ini.

Langkah 8

Maka hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini.

Langkah 9

Buat satu layer di bawah gambar objek gambar, kemudian kita akan memberi sedikit sentuhan pada background nya, yaitu dengan menggukanan brush dengan ukuran 6 pixel, dengan warna putih klik pada sekeliling gambar objek seperti tampil pada gambar di bawah ini.

Langkah 10

Kemudian duplikat layer titik brush yang telah kita buat tadi kemudian kita kabuarkan gambar titik tadi dengan cara klik menu filter > blur > gaiussian blur dengan radius 3 pixel.

Langkah 11

Selanjutnya beri shape berbentuk love dengan warna yang berbeda-beda.

Langkah 12

Kemudian dengan menggunakan eraser yang memiliki pinggiran yang halus hapus bagian masking dari shape.

Langkah 13

Hapus sebagian sisi pada masing masing shape sampai terlihat seperti berikut.

Langkah 13

Pada masing masing shape berikan pattern overlay dengan seting pada blanding option.

Langkah 14

Setelah semua shape love di beri patern akan tampil seperti berikut.

Langkah 15

Setelah itu kita bisa tambahkan beberapa objek untuk meramaikan gambar, pada tutorial ini di tambahkan ke gambar antara lain gambar burung, segitiga, dan line yang melingkar pada objek foto.

Langkah 16

Untuk sentuhan terakhir pada backround gambar yang berwarna hitam tadi beri efek Lens Flare dengan cara klik menu Filter > Render > Lens Flare.

Hasil akhir project yang kita buat adalah sebagai berikut

Setelah pemberian efek lens flare pada background berarti editing foto untuk kali ini telah selesai, bagaimana? mudah  bukan untuk berkreasi mengedit foto.. Semoga bermanfaat dan  selamat mencoba….

0 thoughts on “Corat-Coret Gambar di Photoshop

  1. ckckckck istri tersayank memang inspirasi terbaik ckckckck azeeek corat coret gambarnya keren ckckckck…. :2thumbup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.