July 15, 2024

Cara Mengatasi CD Driver PC/Laptop Yang Hilang Atau Rusak

2 min read

Assalammualaikum wr.wb., pada artikel kali ini saya akan berbagi  bagaimana cara mendapatkan driver dari internet untuk hardware (perangkat keras) laptop dan  printer kita jika seandainya driver yang ada pada kita tersebut hilang atau rusak.

Sebelum kita mencari atau mendownloadnya dari internet ada baiknya tanya sama teman atau keluarga kita apakah mereka ada menyimpan driver-driver yang sama dengan hardware kita sebab siapa tahu mereka punya tinggal pinjam saja. Nah, kalau sudah tanya sana sini mereka tidak  punya sekarang kita mulai mengubek-ubek di google saja.

Kasus pertama :

Mencari dan mendownload driver Laptop(Notebook)  merk Acer Aspire 1700 untuk Windows XP 32 bit.

Langkah 1

Buka Browser dan buka situs google ketikkan  kata kunci “Acer “ lalu enter maka akan tampil hasil penelusuran google seperti gambar dibawah ini.

Langkah 2

Pada hasil pencarian diatas dalam hal ini saya mencoba memilih link yang baris ketiga, maka hasilnya seperti ini.

Langkah 3

Pilih Notebook  – Aspire – Aspire 1700- dan sistem operasi yang digunakan, seperti gambar dibawah ini:

Langkah 4

Setelah langkah diatas maka akan tampil semua driver-drivernya seperti Chipset, Audio, Bluotooth, Lan, Modem, Touchpad, untuk type laptop yang kita cari dan siap di download. Untuk mendownloadnya klik saja tombol panah pada sebelah kiri setiap driver tersebut, jika di klik maka akan tampil sperti gambar dibawah ini.  Pilih “Save File” lalu “OK” maka proses download akan dilakukan.

Kasus kedua :

Mencari dan mendownload driver printer Inkjet merk canon type pixma 1980  untuk Windows XP.

Langkah 1

Buka Browser dan buka situs google ketikkan  kata kunci “Canon“ lalu enter maka akan tampil hasil penelusuran google seperti gambar dibawah ini.

Langkah 2

Pada hasil pencarian diatas dalam hal ini saya mencoba memilih link yang baris kelima, maka hasilnya seperti gambar dibawah ini, lalu pilih link “Support and Downloads”.

Langkah 3

Setelah langkah diatas maka akan tampil tampilan seperti gambar dibawah ini lalu pilih “Select your product category”, pilih “Inkjet Printer”

Langkah 4

Pada Product Series pilih “Pixma”, pada Model pilih “Pixma 1980”, pada Document and type  pilih “ driver and softwares”, lalu pilih “Find” seperti gambar dibawah berikut ini :

Langkah 5

Pada langkah ini kita saring saja pencariannya biar lebih mudah yaitu dengan memilih windows xp pada bagian bawah kanan seperti gambar dibawah ini.

Langkah 6

Pada langkah ini pilih atau klik link “iP1900 series Printer Driver Ver 2.20 (Windows Vista/XP/2000)” lalu klik “Download Now”, klik “Save file”, dan proses download akan segera dilakukan seperti gambar dibawah ini :

Demikianlah tutorial dari saya tentang “CD/DVD Driver Laptop dan Printer kita hilang atau rusak, jangan bingung dong!…….”. Selamat membaca, semoga mudah dipahami dan bisa anda praktekkan. Wassalammualaikum Wr. Wb..

0 thoughts on “Cara Mengatasi CD Driver PC/Laptop Yang Hilang Atau Rusak

  1. banyak jalan menuju syurga……

    don_handito : kayaknya kenal nih ane ma ente….klu bener tebakan ane…ni cara yg pernah kita pake waktu cri driver laptop yg kagak ade di situs resminya……sorry klu salah tebakan ane or bkn temen ane yg waktu itu….. 🙂

    Cikiciew : 🙂

    ayo2…keluarin lagi ilmu2nya ..mungkin lebih bagus ide2 dikomennya di jadikan artikel juga dgn judul baru disni……. :2thumbup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.