July 13, 2024

Mempermudah Jalannya Objek Animasi Memakai Effect Guide

2 min read

Untuk pertama kalinya saya mencoba menuangkan kreatifitas menjadi sebuah tutorial. Pada kesempatan kali ini saya akan membuat Animasi menggunakan Adobe Flash Cs3 Professional. Animasi yang akan saya buat menggunakan Fasilitas atau Effect Guide dalam Adobe Flash Cs3 Professional itu sendiri. Effect Guide akan saya gunakan untuk membuat Rotasi atau pergerakan memutar suatu objek pada stroke. Mari kita mulai..

Berikut hasil yang akan kita buat:

Langkah 1

Setelah aplikasi Adobe Flash Cs3 Professional siap digunakan, Klik Add Motion Guide pada panel di sebelah kanan Insert Layer. Pada layer Guide tersebut buatlah sebuah lingkaran dengan menggunakan Oval Tool atau dengan menekan shortcut O pada keyboard, gunakan Stroke style Harline dan Fill color No Fill.

Langkah 2

Tetap aktif pada layer Guide, potong Stroke lingkaran hingga memiliki ujung masing-masing dengan menggunakan Line Tool atau dengan menekan Shortcut N pada keyboard. Buat dua garis pada pertengahan atas lingkaran. Lihat pada gambar di bawah.

Langkah 3

Klik Selection Tool pada Toolbox atau dengan menekan Shortcut V pada keyboard, klik pada pertengahan ke dua garis yang kita buat tadi kemudian hapus dengan menekan delete pada keyboard. Lihat pada Gambar di bawah.

Langkah 4

Kemudian hapus ke dua garis yang kita buat sebelumnya pada ujung masing-masing lingkaran, lakukan seperti Langkah 3.

Langkah 5

Aktif pada layer di bawah layer Guide, dan buatlah Objek lingkaran dengan Fill Color Gradient (Radial) tanpa Stroke menggunakan Oval Tool lagi. Tekan Shift pada keyboard agar Objek lingkaran menjadi Proforsional. Lihat pada Gambar.

Langkah 6

Klik kanan pada Objek lingkaran yang kita buat pada langkah 5 pilih Convert To Symbol > Movie Clip > Ok.

Langkah 8

Tetap pada layer Objek lingkaran (Gradient), Setelah Objek lingkaran menjadi Movie Clip, klik dan tarik Objek ke arah ujung pertama Stroke lingkaran (layer Guide). Tarik hingga lingkaran tengah Movie Clip menempel pada ujung pertama Stroke lingkaran (layer Guide). Lihat pada Gambar di bawah.

Langkah 9

Insert Frame pada Frame 50 untuk ke dua layer (layer Guide dan layer objek lingkaran Gradient). Lihat pada Gambar di bawah.

Langkah 10

Selanjutnya klik kanan di Timeline layer Objek lingkaran Gradient pada Frame 50 > Insert Keyframe, dan tarik ke arah ujung ke dua Stroke lingkaran (layer Guide). Tarik hingga lingkaran tengah Movie Clip menempel pada ujung ke dua Stroke lingkaran (layer Guide). Lihat pada Gambar di bawah.

Langkah 11

Doble klik pada pertengahan (antara Frame 1 sampai Frame 50) Timeline layer Objek lingkaran gradient, klik kanan > pilih Create Motion Tween. Lihat pada Gambar di bawah.

Langkah 12

Agar tampak mengelilingi sebuah lingkaran ketika kita Play, tambahkan satu layer lagi di bawah layer Objek lingkaran gradient. Kemudian Copy Stroke pada layer Guide dengan menekan ctrl+C pada keyboard dan paste kan di layer baru tadi Frame 1, dengan klik kanan pada Stage (area kerja) > pilih Paste in Place. Lihat pada Gambar di bawah.

Play hasil yang kita buat dengan menekan ctrl+Enter pada keyboard. Silahkan kreasikan versi kalian sendiri, ini hanya sebuah contoh dalam membuat Animasi menggunakan fasilitas/effect Guide.

Hasil Akhir

0 thoughts on “Mempermudah Jalannya Objek Animasi Memakai Effect Guide

  1. bewwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww

    :2thumbup :2thumbup :2thumbup :2thumbup :2thumbup :2thumbup :2thumbup :2thumbup :2thumbup :2thumbup :2thumbup :2thumbup :2thumbup :2thumbup :2thumbup :2thumbup :2thumbup :2thumbup :2thumbup :2thumbup :2thumbup :2thumbup :thumbup :thumbup :thumbup :thumbup :thumbup :thumbup :thumbup :thumbup :thumbup :thumbup :thumbup :thumbup :thumbup :thumbup :thumbup :thumbup :thumbup :thumbup :thumbup :request :request :request :request :request :request :request :request :babyboy1 :babyboy1 :babyboy1 :babyboy1 :babyboy1 :babyboy1 :babyboy1 :babyboy1 :pertamax :pertamax :pertamax :pertamax :pertamax :pertamax :pertamax :pertamax :pertamax :pertamax :pertamax :pertamax :iloveindonesia :iloveindonesia :iloveindonesia :iloveindonesia :iloveindonesia :iloveindonesia :iloveindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.