July 20, 2024

Cara Nonton Streaming Video Lewat Jaringan LAN

2 min read

Jaringan komputer dapat dimanfaatkan untuk hal yang serius maupun hiburan. Kali ini kita mencoba menggunakan jaringan komputer untuk hal yang fun sekalian memberikan contoh dari penggunaan IP multicast atau ip address kelas D, yaitu nonton bareng lewat streaming video. Pengertian IP multicast dapat dilihat dari kutipan berikut ini.

Alamat IP Multicast (Multicast IP Address) adalah alamat yang digunakan untuk menyampaikan satu paket kepada banyak penerima. Dalam sebuah intranet yang memiliki alamat multicast IPv4, sebuah paket yang ditujukan ke sebuah alamat multicast akan diteruskan oleh router ke subjaringan di mana terdapat host-host yang sedang berada dalam kondisi “listening” terhadap lalu lintas jaringan yang dikirimkan ke alamat multicast tersebut. Dengan cara ini, alamat multicast pun menjadi cara yang efisien untuk mengirimkan paket data dari satu sumber ke beberapa tujuan untuk beberapa jenis komunikasi. Alamat multicast didefinisikan dalam RFC 1112.

Alamat-alamat multicast IPv4 didefinisikan dalam ruang alamat kelas D, yakni 224.0.0.0/4, yang berkisar dari 224.0.0.0 hingga 224.255.255.255. Prefiks alamat 224.0.0.0/24 (dari alamat 224.0.0.0 hingga 224.0.0.255) tidak dapat digunakan karena dicadangkan untuk digunakan oleh lalu lintas multicast dalam subnet lokal.

http://id.wikipedia.org/wiki/Alamat_IP_versi_4#Alamat_Multicast

Ok, langsung saja. Streaming akan dilakukan menggunakan software VLC media player. Versi yang digunakan adalah versi 1.1.11 yang diinstal pada Windows 7. Software ini dapat diunduh dari www.filehippo.com atau dari website aslinya.

Dalam percobaan ini kita menggunakan dua buah komputer dengan sistem operasi Windows 7, masing –   masing memiliki ip address 172.16.1.1 dan 172.16.1.2 dengan subnet 255.255.255.0. Pastikan koneksi jaringan antar komputer berjalan dengan baik dengan melakukan ping. Kemudian pastikan pula VLC media player sudah terinstal dengan baik di komputer.

Setelah semuanya berjalan baik mari kita mulai membuat streaming videonya.

Tampilan VLC Media Player

Langkah 1

Klik menu Media dan klik Streaming.

Langkah 2

Klik menu Tambah/Add untuk menambahkan video yang akan distreaming lewat jaringan.

Langkah 3

Setelah menentukan video yang akan distreaming, klik tombol Stream dari gambar pada langkah 2 diatas. Jika benar maka akan muncul menu dibawah ini. Tidak ada yang perlu diubah disini. Selanjutnya klik tombol Maju.

Langkah 4

Pada menu Destinasi pilih protokol pilih UDP (legacy). Berikan tanda cek pada Tampilkan secara lokal. Buang tanda cek pada Aktivasikan Transkoding di Pilihan transkode. Kemudian klik Tambah.

Langkah 5

Isikan Alamat dengan IP Address Kelas D, disini kita isi dengan 224.1.1.1 port yang digunakan default/bawaan yaitu 1234. Kemudian klik Maju.

Langkah 6

Berikan tanda cek pada Stream semua stream antara dan Pengumuman SAP. Field Pengumuman SAP diisi dengan judul video dan Nama Grup diisi dengan  nama grup misalnya Film. Kemudian klik Stream.

Ok, pengaturan pada servernya sudah selesai, kalau semuanya berjalan baik, maka tidak lama VLC media player akan mulai memainkan file yang sudah diatur sebelumnya.

Sekarang kita akan melakukan pengaturan bagaimana menerima streaming video dari server menggunakan komputer client. Pertama sekali tentu saja adalah VLC media player juga harus diinstal pada komputer client.

Langkah 1

Klik Menu View, pilih playlist.

Langkah 2

Klik tanda panah pada Jaringan Lokal sehingga muncul menu Stream Jaringan (SAP), tunggu sebentar maka akan muncul grup videonya. Klik dua kali pada judul dan selamat menikmati.

Ada yang tahu cuplikan film ini ?

Semoga bermanfaat ^_^ selamat mencoba..

0 thoughts on “Cara Nonton Streaming Video Lewat Jaringan LAN

  1. Saya pernah coba, kalo pake webcam ada driver bawaannya. Jadi bisa streaming lewat protokol http.

    Kalo untuk vlc, mungkin bisa explore Capture Device di Langkah nomor 2.

    CMIIW.

  2. @albha : Maksudnya ip address kelas C ? Contoh diatas sudah pake ip kelas C, liat lagi deh subnetmasknya.

    @shen : betul, 100 buat shen

    @all : trims ya, ayo kalian juga bisa bikin artikel seperti ini. Ada hadiah seru !!!

  3. wow, android ya, blom pernah coba tuh. Pinjemin deh androidnya. nTar saya cobain…hehehe… :toast

  4. pak, mau? tanya kalo pake webcam ada driver bawaannya. Jadi bisa streaming lewat protokol http. maksunya kata – kata bapaka gmn? kalau webcam striming lewat prtokol http itu gmn pak?

  5. yth bung Rendra.. saya ingin bertanya.. jika kita kita masukkan ip kelas D seperti diatas yang 224.1.1.1 lantas apakah ip computer tidak berpengaruh (172.16.1.1)
    tolong pencerahannya

  6. kalau ane langsung aja buka file film yang di sharing dari windows explorer dari komputer lain. lbh cepat dan gampang. btw thanks sharingnya

  7. video streaming hp sy b-masalah, setiap dmainkan sllu ”hubungan gagal”. bgmn cr m-atasinya gan, pdhal sblmnya normal. hp sy nexian nx g889. trms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.