July 25, 2024

Cara Membersihkan Virus Shortcut Di Flashdisk Tanpa AntiVirus

1 min read

Teman-teman sering melihat folder yang berbentuk shortcut di flashdisk?

Jangan cemas dengan virus yang satu ini, karena sebenarnya virus ini tidak berbahaya, sifat virus ini hanya menyembunyikan folder aslinya dan membuat shortcut-nya. Berikut cara mengembalikan folder asli yang di sembunyikan oleh virus shortcut tanpa antivirus.

Langsung saja ketutorialnya:

Langkah 1

Klik kanan My Computer, pilih Open.

Langkah 2

Double Klik pada drive Flashdisk anda.

 

Langkah 3

Pilih Organize, lalu pilih Folder and Search Options

Langkah 4

Pilih View, lalu klik Show hidden files, folders, and drivers , hilangkan tanda contreng pada Hide protected operating system file(Recommended). Klik Apply lalu klik OK.

Jika keluar pertanyaan seperti ini pilih Yes. 


Langkah 5

Lihat di flashdisknya maka akan ada folder yang berwarna agak kabur,itu lah file asli yang di sembunyikan oleh virus

Untuk Membuat folder asli menjadi terang kembali, berikut langkah-langkah berikut :

Klik Start, pilih accessories , pilh Command Prompt

Langkah 6

Masuk ke drive Flashdisknya (misalnya di drive E) dengan cara ketik E: lalu enter

Ketikan perintah attrib  -s  -r -h  /s  /d  lalu enter

Langkah 7

Selesai deh folder kita sudah kembali seperti semula, folder-folder shortcut yang ada di flashdisk tinggal di hapus dengan manual aja (tekan tombol delete di keyboard)

Semoga Bermanfaat!!

0 thoughts on “Cara Membersihkan Virus Shortcut Di Flashdisk Tanpa AntiVirus

  1. Nice Info.. ntu Dari jaman Angkatan 13 tahun 2006 dah ngajarin.. Sangat2 Bermanfaat.. Sip Admin.. :2thumbup :thumbup :2thumbup

  2. Thanks Bget y,, :toast

    Untung Nian Ado Tips Nie,,,

    Klo Dag Tu Kacau Nian Data-Data Q PKL Pacak Ilang Galo……

    :newyear :rate

  3. makasih gan ^^ ane bingung krna flashdisk punya temnku begitu msuk komputer warnet filenya lgsung jdi shortcut smua hhe
    btw makasih banyak …

  4. kenapa yang pass ngetik prntah attrib d command prompt ad klmt ”
    attrib -s . . . . . Is not recognized as an internal or external command”

    bingung mau ketiknya gimana, prnthnya ga jls, tlg dakasi contohnya ngetikitin attrib na!

  5. makash banget gan udah bantu……
    moga panjang umur n murah rizki.nya…..
    q do’ain dech
    file udah kembali lagi

  6. kok gag bisa ya.? mohon bantuannya
    saya masukkan attrib -s -r -h /s /d
    kemudian muncul tlsan
    attrib.exe-Write Protect Error
    The disk cannot be written because it is write protected. Please remove the protection from the volume LUTHFI in drive J: :mewek2 :mewek2

  7. Alhamdulillah, nongol tuh gan file-file di flashdisk ane yang tadinya jadi shortcut 😀
    Gan, tapi habis ane permanently delete (shift + del) file shortcutnya, beberapa saat kemudian tuh file-file nongol lagi. Kenapa tuh ya gan? Apa komputer ane yang bervirus?

  8. Gan kalo virus double folder itu gmn. pas mau di apus ehh nongol lagi nongol lagi malaah jadi 2 gmn tuh min ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.