July 23, 2024

Optimalisasi Smartphone Android Menjadi Remote Desktop

2 min read

Hai siswa/i PalComTech dimanapun anda berada?.

Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan tips dan trick mengenai gadget atau smartphone android baik itu handphone maupun tablet nya. Mungkin bagi kalian ada yang sudah ngerti atau paham dan mungkin ada yang belum tau sama sekali tentang remote desktop,oke disini saya jelas kan secara singkat mengenai remote desktop.

Remote desktop adalah dimana suatu komputer kita ambil alih atau kita kendalikan melalui suatu media yang jarak nya tergantung dari sinyal atau kabel yang digunakan untuk menghubungkan ke desktop.

Nah, disini saya menggunakan sinyal wi-fi untuk koneksi ke laptop dan smartphone sony ericsson xperia live with walkman sebagai media nya. Sebelum memulai nya ada bahan-bahan yang akan kita gunakan yaitu :

  • Satu buah laptop / atau komputer PC dengan syarat sudah mempunyai  atau integrasi wi-fi didalam nya.
  • Media penghubung, disini misalnya smartphone android xperia live with walkman atau bisa juga menggunakan tablet android.
  • Splashtop_Streamer_Win_v1.7.5.6.exe sebagai software untuk di PC / Laptop. Download disini.
  • Splashtop Remote Desktop v1.6.0.2.apk sebagai aplikasi untuk di smartphone / tablet android. Download disni.

Baiklah kita akan memulai carany? mari kita simak tutorialnya dibawah ini.

Langkah 1

Instal terlebih dahulu software untuk di pc atau laptop, cara menginstal nya klik 2 kali software nya kemudian tunggu hingga selesai atau finish Setelah selesai akan muncul ta mpilan seperti ini.

Langkah 2

Kemudian klik tombol Go, maka akan muncul tampilan End User License Agreement seperti ini.

Langkah 3

Pada create your security code masukkan karakter berupa gabungan huruf dan angka dengan rentang panjang karakter harus lebih dari 8,karakter yg dimasukkan terserah anda disini saya masukkan adalah yudhanto86. Kemudian pada isian kedua masukkan karakter yang anda masukkan sama persis pada isian pertama. Setelah itu klik tombol next

Langkah 4

Setelah anda klik finish akan muncul tampilan ini,kemudian anda catat alamat IP yang ada tercantum di tampilan laptop anda.

Langkah 5

Tercantum di tampilan laptop anda.Setelah anda klik finish akan muncul tampilan ini,kemudian anda catat alamat IP yang ada. Nah, penginstalan software dipc  atau laptop telah selesai, sekarang kita akan mengatur konfigurasi di smartphone android atau tablet.

 

Langkah 6

Beralih ke smartphone-nya Masuk ke menu  => setelan / pengaturan => nirkabel & jaringan => tethering & hotspot portebel kemudian centang pada Hotspot Wi-Fi portebel

Berikut tampilan pada smartphone xperia.

Langkah 7

Kemudian pada laptop anda aktifkan wi-fi,setelah itu klik tombol connect.

Kemudian pada smartphone android instal aplikasi Splashtop Remote Desktop v1.6.0.2.apk sampai finish.

Langkah 8

Setelah diinstal jalan kan aplikasi tersebut di smartphone android anda, klik tanda +.

Langkah 9

Setelah tanda (+) diklik maka akan muncul tampilan seperti ini. Isikan pada computer name : myandroid (atau terserah anda )

  • Isikan pada IP address          : 192.168.43.68
  • Isikan pada security code    : yudhanto86 ( yang waktu diisi pada  penginstalan software pada pc )

Langkah 10

Kemudian setelah selesai tekan tombol done,maka akan muncul tampilan seperti ini. Sebelum itu aktifkan paket data internet anda pada smartphone android.

Langkah 11

Tekan pada gambar komputer yang ada ditampilkan td untuk menghubungkan komputer dan smartphone anda.

Nah sekarang smartphone android anda bisa digunakan untuk presentasi, berinternet, dan mengetik pekerjaan anda sambil tiduran,selamat mencoba!.

0 thoughts on “Optimalisasi Smartphone Android Menjadi Remote Desktop

    1. Tipe androidnya apa gan?
      kalo di SE XPERIA LIVE WITH WALKMAN wok perfect, mungkin kalo tablet software apk nya beda lagi
      tapi kalo resolusi smartphone nya HVGA mungin bisa

  1. Maaf… sekedar intermezo.. kalo saya liat dari penggunaan dan cara instalasi lebih mudah menggunakan TeamViewer… hanya saja saya belum menggunakan software ini.. jadi belum bisa membandingkan fasalitas dan kegunaannya..

    Anyway. nice tutorial.

  2. bang kl tiemviewer emg ada yg buat android. ia kl itu kan pake wifi kl kita mengunaka internet gimana bang cara remote desktop. kl wifi kan jaraknya gk bisa jauh .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.