July 14, 2024

Belajar Kalkulator : Penggunaan Variabel di Python

3 min read

Pada tahap ini kita belajar kalkulator, penggunaan variabel dan tipe data di python, tapi pada tahap ini saya menggunakan mode interaktif.

Baiklah tidak perlu berlama-lama langsung saja ke TKP, Let’s Cekidot.

Kalkulator Sederhana

Kita mengetahui bahwa perhitungan matematika sederhana menggunakan beberapa ekspersi perhitungan yang sama pada bahasa pemrograman lain, yaitu ada +, -, x, /. untuk bilangannya sendiri atau nilainya sendiri bisa di masukkan menjadi nilai dari variabel atau bisa juga menjadi nilai itu sendiri. Contohnya seperti ini :

Pada contoh gambar di atas bilangan matematika 4+4 menempati promt pertama ( >>> ), sedangkan hasilnya berada pada promt di bawahnya. Tapi kenapa tidak muncul tanda sama dengan langsung muncul hasilnya? Kenapa bisa begitu? Karena ini salah satu kelebihan python, kita tidak perlu mendeklarasikan tanda sama dengan untuk menampilkan hasilnya. Tetapi tanda sama dengan tetap akan dipakai pada saat kita mendeklarasikan nilai dari sebuah variabel.

Baiklah kembali kepada topik semula.

Bagaimana jika kita menghitung menggunakan banyak ekspresi matematika, Apakah hasilnya akan tampil jika perhitungannya seperti penghitungan : 45*27/4 ?  Tentu jawabannya bisa. Coba kita lihat gambar berikut :

Seperti pada gambar di atas kita dapat menghitung 3 bilangan angka sekaligus dengan menggunakan 2 expresi.

Lihat pada promt 1: “45*27/4” hasilnya 303.

Kita juga dapat menggunakan tanda pemisah (). Lihat pada promt 2 “(45*27)/4” hasilnya sama 303.

Tapi tunggu dulu kok hasilnya genap bukannya hasilnya berkoma ya, hasil seharusnya adalah 303,75. Jawabannya adalah karena kita menggunakan bilangan bulat (integer) maka hasilnya akan dicetak bilangan bulat juga.

Jadi, Bagaimana jika menginginkan cetak hasilnya berkoma?

Yang dapat kita lakukan adalah menambahkan 1 atau 2 angka di belakang koma dari pembaginya, contoh pada gambar berikut :

horeee….. hasilnya bener. Sekarang kita cek dengan kalkulator hasilnya sama atau tidak.

Penggunaan Variabel di Python

Jika berbicara mengenai variabel, kira-kira nilai-nilai apa saja yang dapat kita masukkan dalam variabel ya?

Dalam bahasa pemrograman nilai yang bisa dimasukkan menjadi nilai dari variabel bisa berupa string (karakter huruf) dan juga integer (karakter angka). Pada penulisan nilai dari variabel yang berupa string dapat menggunakan single quote (kutip tunggal), double quote (kutip ganda).

Contoh seperti ini :

Menggunakan single quote (kutip tunggal)

nama = ‘budi’

akhiran = ‘Hartono’

Menggunakan double quote (kutip ganda)

nama = “Budi”

akhiran = “Hartono”

Untuk nilai variabel yang berupa integer tidak perlu menggunakan tanda kutip, baik kutip tunggal maupun kutip ganda ( ‘ , “ ).

Contoh :

nilai1 = 8

nilai2 = 10

Baiklah kita langsung praktik, kali ini saya menggunakan mode script. Jadi, scriptnya kita buat dahulu barulah kemudian kita uji programnya. Untuk membuat programnya saya menggunakan jendela terminal, untuk yang biasa menggunakan terminal dapat membuat filenya dengan perintah :

nano belajarvariavel.py

Tetapi anda dapat juga menggunakan editor lain, seperti gedit atau kwrite . Baiklah kita langsung ke script programnya seperti gambar ini :

Pada gambar di atas saya menggunakan 2 terminal, terminal satu berada di atas yang berisi script programnya, terminal 2 adalah hasil tampilan dari script programnya. Pada gambar diatas nilai dari variabel menggunakan single quote atau kutip tunggal.

Pada gambar di bawah ini merupakan contoh jika menggunakan double quote (kutip ganda) :

Jika anda telah dapat mengerti pada praktik dengan karakter string, maka anda juga dapat praktik pada karakter integer juga.

Kita coba untuk karakter string dengan ekspresi matematika. Berikut dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Pada gambar diatas ada 2 variabel yang dibuat, yaitu variabel nilai_a memiliki nilai 57 dan variabel nilai_b memiliki nilai 34. Nilai tersebut di cetak dengan 2 perhitungan matematika yaitu Penjumlahan, kemudian Penjumlahan lalu di bagi.

0 thoughts on “Belajar Kalkulator : Penggunaan Variabel di Python

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.