July 21, 2024

Desain Bola Euro 2012 Menggunakan Photoshop

3 min read

Salam hangat seluruh warga palcomtech, semoga selalu dalam kondisi yang “Luar Biasa”. Kali ini saya akan mencoba memberikan sedikit ilmu dan yang pasti ini merupakan tutorial  yang sangat sederhana, karena menggunakan blending mode dan permainan layer. Dan teknik ini merupakan untuk tingkat pemula, bagi para master photoshop saya mohon izin nya untuk sekedar berbagi ilmu dengan Keluarga PalComTech ini.

Tutorial kali ini intinya hanya mendesain Bola Sepak tetapi dengan corak bendera negara, dan saya khususkan untuk negara yang masuk dalam semi final Euro 2012.

Langkah 1

Langsung saja buka file photoshop dengan ukuran 1300 x 1000 pixels, kemudian buatlah layer baru dan dengan menggunakan rectangular marquee tool buatlah dua buah seleksi seperti gambar.

Langkah 2

Kemudian atur warna foreground dan background color menggunakan #550203 dan #9c0405 lalu pilih gradient tool dengan tipe Reflected Gradient lalu klik and drag seperti gambar kemudian tekan CTRL + D untuk menghilangkan seleksi.

Langkah 3

Lanjut lagi bikin layer baru, lalu buatlah seleksi berbentuk kotak menggunakan rectangular marquee tool, atur warna foreground dan background menggunakan warna #936104 dan #b9ae1f, dengan cara ytang sama pada langkah sebelumnya klik and drag menggunakan gradient tool pada bagian yang di seleksi hingga jadi seperti gambar kemudian tekan CTRL + D untuk menghilangkan seleksi.

Waw.. sudah jadi sebuah bendera salah satu negara di eropa yaitu Spanyol. Mengapa harus menggunakan warna gradasi  seperti ini?

Langkah 4

Perhatikan gambar di atas, Pembuatan objek dengan menggunakan warna gradasi akan menghasilkan gambar yang lebih hidup dan tetnu saja terlihat lebih realistik. Berikutnya masukkan gambar ini dan letakkan pada bagian brwarna kuning pada bendera.

Berikutnya gabungkan seluruh layer tadi kecuali layer background, caranya blok semua layer yang ingin di gabung kemudian klik kanan pada palete layer > pilih marge layers untuk menggabungkan semua layer yang di blok.

Langkah 5

Buat seleksi berbentuk lingkarannya menggunakan eleptical marquee toollalu tekan tombol CTRL + J  Untuk menduplicate layer pada area yang terseleksi kemudian matikan icon mata pada palete layer.

 Langkah 6

Masih dengan seleksi  yang aktif pilih menu filter > distort > pinch  untuk membuat gambar bola kita tampak cembung dan berikan nilai Amount -18.

Langkah 7

Masukkan gambar bola kaki untuk membuat desain kita tampak lebih nyata dan seleksi gambar bola tersebut hingga hilang bagian latar belakangnya, lalu Transform ( CTRL+T ) hingga ukurannya sama persis dengan ukuran bendera yang kita buat tadi dan ubah blending mode layer bola menjadi Overly  dan kurangi nilai opacity-nya jadi 45%  .

Langkah 8

Berikutnya duplicate layer bendera yang telah jadi lingkaran tadi kemudian buat seleksi dengan cara CTRL+ Klik pada layer thumbnail, pilih menu select > modify > expand dan berikan nilai 2px seperti gambar> OK , lalu pilih menu filter > blur > gausian blur dan beri nilai 4,2 lalu pindahkan layernya satu tingkat ke bawah dan hilangkan seleksi.

Pilih layer bendera yang di atas, lalu gunakan Burn tool dan sapukan pada bagian tepi nya Untuk menambah realistis gambar yang kita buat ini.

Langkah 9

Berikutnya agar tampak glossy kita buat layer baru dan letakkan pada bagian paling atas, lalu buatlah seleksi berbentuk lingkaran menggunakan eleptical marquee tool lalu pilih gradient tool dan gunakan warna putih transparan, lalu klik and drag seperti gambar, kurangi opacitynya untuk memperoleh hasil yang realistis.

Lakukan cara yang sama pada bagian bawah bola untuk mendapatkan hasil yang maximal terhadap efek glossy pada gambar.

Tambahkan background dan text agar tampak lebih menarik, dan buat juga beberapa bola lagi dengan desain bendera negara yang berbeda. Selamat mencoba!

Hasil Akhir

0 thoughts on “Desain Bola Euro 2012 Menggunakan Photoshop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.