July 18, 2024

Nge Blog Jadi Lebih Asyik Dengan Windows Live Writer

2 min read

Halo palcomster, kali ini saya akan share tentang pemanfaatan Windows Live Writer untuk memudahkan kita dalam menulis artikel di website atau blog. Secara normal apabila kita ingin publish artikel kita wajib login ke website atau blog masing-masing untuk menuliskan artikel. Lihat pada gambar berikut.

Pada  gambar diatas jelas terlihat saya sedang menulis artikel di blog wordress, selain harus login terlebih dahulu kita juga wajib upload gambar apabila ingin mencantumkan gambar pada artikel.

Bila koneksi normal tidak ada masalah, tapi ketika koneksi kurang baik alias lambat, saya rasa pasti kita pernah geram dibuatnya lantaran menunggu proses upload yang lumayan lama.
Nah, dari masalah ini saya akan share solusi yang memudahkan dalam publish artikel dengan mudah dan cepat menggunakan software Windows Live Writer, software ini mirip dengan Micorosft Word dan untuk apabila ingin mencantumkan gambar pada artikel tinggal klik dari menu Insert – Picture selayaknya pada Microsoft Word.
Silahkan download software gratis disini. Setelah download silahkan install terlebih dahulu dengan mengikuti panduan dibawah ini.

Step 1

Buka fie exe yang telah di download dan tunggu sampai proses loading selesai (± 0.5 menit).

Step 2

Pada tampilan ini silahkan pilih aplikasi yang akan di install, pada contoh ini hanya saya contreng yang Writer, aplkasi ini yang akan digunakan untuk publish artikel ke web atau blog. Klik Install untuk melanjutkan.

Step 3

Pada bagian ini tunggu sampai proses intalasi selesai, proses ini lumayan lama karena sistem akan download secara online.

Step 4

Setelah proses instalasi online selesai, hilangkahkan contreng dan klik Continue.

Step 5

Selanjutnya tutup jendela konfirmasi keberhasilan instalasi.

Step 6

Nah, setelah berhasil melakukan instalasi wlw, silahkan jalankan dan klik next pada tampilan seperti gambar dibawah ini.

Step 7

Pada tampilan ini pilih Other Blig Service.

Step 8

Selanjutnya silahkan masukkan alamat blog Anda beserta email dan passwordnya. Email dan password ini email yang digunakan untuk login ke akun blog.

Step 9

Tunggu hingga proses integrasi selesai.

Step 10

Apabila berhasil maka akan tampil seperti gambar berikut, isikan blog nickname Anda dan klik Finish

Step 11

Nah setelah berhasil melakukan integrasi wlw dan sistem blog online Anda, silahkan langsung menulis artikel sesuka hati  secara mudah seperti di Microsoft Word.

Step 12

Pilih kategori tulisan yang terdapat pada panel bagian bawah, apabila ingin memasukkan gambar silahkan masukkan dari menu insert – picture seperti pada Ms. Word

Step 13

Selanjutnya silahkan klik Publish pada menu bagian atas dan tunggu hingga proses selesai.

Step 14

Setelah proses selesai, lihat keajaiban yang muncul pada web/blog Anda.. 🙂

Note :

Untuk Anda yang memiliki website dengan menggunakan CMS WordPress pastikan Anda telah menghidupkan akses untuk menggunakan Windows Live Writer:

  1. Login ke Admin Control Panel dan pergi ke Settings->Writing
  2. Enable Atom Publishing Protocol dan XML-RPC

Selamat mencoba 🙂

0 thoughts on “Nge Blog Jadi Lebih Asyik Dengan Windows Live Writer

  1. Mohon bantuannya mas, kenapa ya setiap kali saya masukkan pasword dan email selalu salah, maksud email dan paswor disini yang di gunakan pada hotmail atau blog, mohon bantuanya, soalnya baru pertama gunakan..

    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.