July 25, 2024

Belajar Mengetik Cepat Dengan Program KeyBlaze Typing Tutor v 1.23

2 min read

Assalammualaikum warahmatullahiwabarakatuh..

Alhamdulillah, Allah SWT telah memberikan kita semua nikmat kesehatan dan nikmat iman yang sungguh luar biasa.  Pada kali ini saya mencoba menghadirkan tutorial fsasapikan sederhana tentang “Belajar Mengetik Cepat dengan program KeyBlaze Typing Tutor v 1.23” kepada para pembaca sekalian yang insyaallah dimuliakan oleh Allah SWT, Amin. Artikel dan software ini pernah penulis gunakan dalam proses pengajaran pada SMKN 1 Prabumulih seperti yang ada di artikel ini.

Langkah 1 :

Download programnya terlebih dahulu. Setelah didownload maka kita harus melakukan proses penginstalan/pemasangan pada komputer kita. Adapun cara pemasangannya yaitu :

  • Klik 2x file “kbsetup.exe” yang telah di unduh.

  • Pilih “I Accept the licence term”, lalu Next.

  • Beri tanda conteng saja pada Select All”, lalu Finish”.

  • Pilih pilihan “No thanks. Take me straight to the lessons”, lalu “finish”.

  • Tampilan awal setelah proses pemasangan. Pilih Click to start exercise kalau ingin langsung ke proses pengetikan,  pilih Stop kalau ingin mensetting dulu pengaturan-pengaturan pada program ini.

Langkah 2

Sebelum kita mulai belajar mengetik berikut ini saya tampilkan gambar posisi jari-jari  dan  tugasnya  masing-masing pada keyboard.

Gambar di atas adalah posisi home key, pastikan jari-jari anda selalu mulai dan kembali lagi seperti diatas setelah proses mengetik.

Gambar diatas adalah posisi atau tugas masing-masing dari pada jari-jari tangan kita, sesuaikan dengan kode warna pada keyboard dan jari-jari tangan.

Tampilan layar kerja  :

Halaman  Utama:

Tab KeyBlaze dan Sub menunya:

Menu Exercises dan Sub Menunya.

Menu  Help dan Sub menunya

Tab KeyBlaze dan sub menunya.

Tab Exercises dan sub menunya.

Tab Dictations dan menunya:

Tab Games:

Tab Results:

Tab Tools:

Langkah 4

Untuk memulai belajar mengetiknya, coba anda klik tab Exercises – pilih Keyboard, maka akan tampil tampilan seperti gambar dibawah ini :

Pada gambar diatas ada 23 jenis latihan mulai dari yang melatih jari-jari dengan tombol-tombol dasar sampai dengan yang rumit. Sekarang coba anda pilih yang nomor urut ke 1 dahulu lalu klik tombol Start Lesson, maka akan tampil gambar seperti yang dibawah ini.

Langkah 5

Jika semua teks telah selesai diketik maka akan tampil tampilan seperti dibawah ini, dimana tampilan  ini sebagai laporan atau nilai dari proses anda mengetik  tadi.

Langkah 7

Pilih Click to start exercise untuk melanjutkan proses latihan mengetik selanjutnya atau Stop” jika tidak  ingin melanjutkan.

Langkah 8

Untuk belajar atau melatih jari-jari pada tombol keypad (numeric) pilih Exercises  lalu Keypad, maka akan tampil tampilan seperti berikut.

Pada tampilan ini ada 5 jenis latihan, silahkan anda coba mulai dari yang latihan 1 dan seterusnya. Jangan lupa pilih Start Lesson untuk memulai. Dibawah ini contoh tampilan latihan 1.

Langkah 9

Untuk belajar mengetik praktis, pilih Exercise lalu pilih Practice maka akan tampil tampilan seperti ini.

Ada beberapa kategori dan setiap kategori ada beberapa judul, silahkan pilih sesuai yang diinginkan lalu pilih Start Exercise

Langkah 10

Untuk mengatur durasi waktu kecepatan mengetik  maka pilih Exercise lalu Speed Test.

Demikianlah artikel sederhana ini, mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua terutama siswa siswi PalComtTech Prabumulih. Akhir kata, Wassalammualaikum warahmatullahiwabarakatuh…

 

0 thoughts on “Belajar Mengetik Cepat Dengan Program KeyBlaze Typing Tutor v 1.23

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.