July 17, 2024

Cara Mudah Mencetak Foto Menggunakan FotoSlate

2 min read

Tutorial kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat template untuk mencetak Photo 3×4, 4×6 di Fotoslate, yang mana dari tutorial ini kita bisa kembangkan lagi  untuk ukuran Photo yang lain.

Hampir semua pencuci Photo digital menggunakan software yang satu ini, ACD fotoslate sangat mudah digunakan jika ingin mencetak foto 3R, 4R sampai dengan 10R, atau ukuran pas photo. Langsung saja ke langkah-langkah membuat template untuk mencetak pas photo 3×4 dan 4×6. Bagi yang belum punya softwarenya, silahkan [download id=”423″].

Langkah 1

Buka Aplikasi Fotoslatenya, maka akan muncul tampilan seperti berikut :

klik Start a project wizard.

Langkah 2

Klik Contact Sheet – next.

Langkah 3

Selanjutnya menentukan ukuran dan posisi kertas yang diinginkan, disini saya menggunakan kertas A4. Klik next.

Langkah 4

Selanjutnya menentukan jumlah kolom dan baris untuk penempatan photo. Thumbnail Size : jumlah photo yang akan dicetak kesamping dan ke bawah.

Klik Next.

Langkah 5

Selanjutnya akan tampil seperti gambar dibawah yang berfungsi untuk menambahkan text pada photo seperti judul, header dll, jika tidak ingin menambahkan text abaikan saja, dan klik Finish.

Langkah 6

Selanjutnya mengatur masing-masing kotak menjadi ukuran foto 3×4 dan 4×6, caranya klik salah satu kotak – designer – Adjust page.

Langkah 7

Setelah Adjust Page, klik kanan salah satu kotak – Set Dimensions.

Langkah 8

Akan tampil kotak dialog image Dimension, atur pada bagian width = 1.10 inches dan height = 1.50 inches dan klik OK. Otomatis kotak akan berubah ukurannya menjadi ukuran foto 3×4, lakukan pada kotak yang lain dengan cara yang sama. Untuk ukuran foto 4×6 atur width = 1.57m height = 2.36, masih banyak ukuran foto yg lain yg bisa kita buat seperti 2×3, 3R, 4R dll. Atau bisa lihat selengkapnya disini.

Langkah 9

Berikut hasil untuk foto 3×4 dan 4×6, untuk menyusun posisi kotak cukup dengan mendrag kotak ketempat yang diinginkan, untuk menghapus kotak yang tidak diinginkan klik kotak dan tekan delete, kita juga bisa mengcopy paste kotak tanpa harus mensetting ukuran kotak satu persatu.

Langkah 10

Selanjutnya untuk memasukkan fotonya cukup klik Add Image – OK, dan drag foto ke kotak yang diinginkan seperti gambar dibawah

Dan foto siap di print.

Dari tutorial diatas kita bisa kembangkan lagi untuk membuat template dengan ukuran dan format yang berbeda seperti gambar dibawah ini untuk mecetak foto dengan ukuran 2×3, 3×4, 4×6.

Selamat mencoba semoga bermanfaat!.

0 thoughts on “Cara Mudah Mencetak Foto Menggunakan FotoSlate

  1. nah… ngapo pulo poto sayo nih..?? dk mnta izin pulo.. lokak sayo bawak ke meja merah gek nih…haha :cd: tapi ngomong2 .. nice tuts pak 😀

  2. nice info banget .emang lagi nyari coz buat cetak foto dgn ukuran dan gambar berbeda ,makasih mas 🙂

  3. mas bisa ngasih solusi gak ? ane buka studio photo mini, entah kenapa saya menggunkan camera sdh pro, saat di cetak kok hasilnya tidak maksimal, masih ada noisenya, padahal saat saya edit menggunakan photoshop gambarnya sdh tajam,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.