July 24, 2024

Design Monitor LCD Menggunakan Aplikasi Google SketchUp

3 min read

Google SketchUp merupakan software 3D Design yang sangat mudah dan sangat simple digunakan. Hasil jadinya tidak kalah bagus dengan aplikasi-aplikasi 3D lainnya. Bahkan untuk para arsitektur, sekarang banyak yang menggunakan aplikasi ini untuk menerapkan hasil design dengan wujud asli seperti pembuatan bangunan, peralatan dapur dan lain-lain.

Artikel berikut akan membahas bagaimana cara mendesain sebuah perangkat keras komputer yaitu monitor dengan menggunakan aplikasi google sketchUp.

Langkah 1

Gunakan Rectangle tools untuk membuat object persegi panjang, dan kemudian ketikkan 50cm,30cm. kita membuat objek yang berukuran 50cm lebar dan yingginya 30cm. Sehingga bentuk Object akan tampak seperti gambar dibawah ini.

Langkah 2

Gunakan Arc Tools untuk membuat garis lengkungan pada sisi sudut objek rectangle tadi, kemudian klik pada posisi titik 1,2 dan 3 secara berurutan seperti gambar dibawah ini. Dimana jarak antara titik yang akan kita klik dengan titik sudutnya berjarak 1 cm. Lakukan hal yang sama untuk keempat sudutnya.

Langkah 3

Gunakan Push/Pull Tool untuk membuat objak persegi panjang tadi menjadi bentuk 3 dimensi, dengan ketebalan objek 2 cm. Klik Push/Pull Tool, klik pada area bidang (1) kemudian arahkan kebelakang. Seperti yang tampak pada gambar diatas.

Langkah 4

Gunakan Offset Tool untuk membuat layar monitornya, klik pada area bebas dibidang depan objek monitor tadi, kemudian arakan kebawah dengan jarak 1 cm. seperti gambar dibawah.

Kemudian gunakan Push/Pull dan tebalkan Objek pinggir monitor dengan ketebalan tambahan 0.5 cm, sehingga tebal keseluruhan monitor menjadi 2.5 cm seperti pada gambar dibawah.

Langkah 5

Buat garis bantu vertical pada bidang belekang monitor menggunakan (line tool), klik pada posisi 1 kemudian 2 lihat pada gambar dibawah, danbuat kembali garis horizontal sepanjang 2 cm.pada titik midpoint yang bisa kita dapatkan dengan cara arahkan saja kursor pada garis vertical tersebut.

Kemudan gunakan arc tool untuk membuat objek cembung, dengan mengklik pada posisi titik-titik 1,2 dan 3.

Langkah 6

Gunakan Push/Pull untuk membuat objek cembung. Klik pada area bidang 1, kemudian arahkan hingga sampai batas bidang 2 disebelah kiri seperti gambar dibawah ini.

Langkah 7

Kemudian design kaki penumpu monitor seperti gambar yang tampak dibawah ini.

Langkah 8

Untuk pemberian warna (material) pada objek, kita bisa menggunakan material tool pilih jenis material color dan pilih warna yang sesuai dengan warna monitor yang kita sukai. Kemudian klik pada bidang objek monitor yang akan dikasih warna.

Langkah 9

Untuk membuat tampilan pada monitornya, kita bisa menggunakan material dari gambar file jpg, kita bisa ambil capture tampilan potongan sebuah film. Dan mungkin potongan film yang penulis cantumkan mungkin udah banyak dikenal. ^_^

Klik material tools, kemudian klik pada icon create new material seperti gambar 1 dibawah ini. Dan kita tinggal pilih gambarnya pada lokasi file (Gambar 3) dengan menceklis Use Texture Image (Gambar 2). Kemudian klik pada bidang layar monitornya.

Dan layar monitor tersebut akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Langkah 10

Agar texture gambar sesuai dengan lebar monitor, kita tinggal klik tab menu edit materialnya, kemudian sesuaikan ukuran skala gambar sesuai keinginan kita. Dan tampilan monitornya akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Langkah 11

Untuk menyesuaikan posisi texture gambarnya, kita tinggal klik kanan pada layar monitor, kemudian arahkan ke menu Texture dan pilih position, dan kita tinggal geser objek tersebut sesuai dengan posisi yang kita inginkan.

Sehingga, tampil hasil akhir seperti gambar dibawah ini :

Untuk melihat hasil realistiknya, kita tinggal render menggunakan Render tools. Seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.

Selamat Mencoba.. ^_^

 

0 thoughts on “Design Monitor LCD Menggunakan Aplikasi Google SketchUp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.