July 15, 2024

Cara Install Driver Mainboad Pada PC

2 min read

Assalammualaikum warahmatullahiwabarakatuh..

Alhamdulillah, Allah SWT telah memberikan kita semua nikmat kesehatan dan nikmat iman yang sungguh luar biasa.  Pada kali ini saya mencoba menghadirkan tutorial sederhana tentang “Cara Instal Driver Motherboard” kepada para pembaca sekalian yang insyaallah dimuliakan oleh Allah SWT, Amin. Sebenarnya banyak cara untuk menginstal driver motherboard namun kali ini penulis menggunakan cara manual bukan autorun karena suatu kendala sedikit yaitu master driver bawaan menggunakan disk DVD dan itupun hanya 1 disk, sedangkan penulis hanya punya disk CD untuk di duplikat menjadi beberapa disk, jadi diambil atau di copy yang penting-penting saja.

Tutorial ini lebih dikhususkan kepada siswa siswi LKP PalComTech karena sesuai dengan pembelajaran pada saat praktek di laboratorium teknisi. Disini penulis membagi 4 bagian pembahasan diantaranya :

  1. Instal Driver LAN
  2. Instal Driver Sound
  3. Instal Driver VGA
  4. Instal Driver Chipset

Cara Instal driver LAN

Langkah 1

Sebelum kita menginstal driver motherboard kita ada baiknya kita ketahui bagaimana cara mengetahui jika driver motherboard kita bermasalah. Adapun caranya jika di Windows XP, klik Start, klik kanan My Computer, lalu pilih Properties seperti gambar dibawah ini. 

Langkah 2

Maka akan tampil jendela baru seperti dibawah ini, di jendela ini terlihat pada Tab General System Operasi yang kita pakai yaitu Windows XP SP2, user, jenis dan kecepatan  prosesor, serta kapasitas memory (RAM) computer kita.

Pilih tab Hardware, klik Device Manager.

Langkah 3

Maka akan tampil seperti gambar dibawah ini. Pada jendela ini terlihat beberapa device yang bermasalah seperti yang ditunjukkan oleh tanda tanya yang berwarna kuning seperti digambar dibawah.

Selanjutnya tutup jendela tampilan diatas, masukkan CD driver ke drive DVD, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Klik 2x folder driver diatas, maka akan tampil seperti gambar dibawah.

Langkah 4

Sekarang kita akan menginstal driver LAN dahulu, Klik 2x folder LAN  diatas, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini :

Klik 2x folder Realtex, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini. Klik 2x Folder WinXP (kenapa pilih XP karena OS yang kita pake sekarang yaitu windows XP).

Maka akan tampil jendela seperti gambar dibawah ini :

Klik 2x Icon Setup (setup.exe/application), maka akan tampil seperti gambar dibawah ini. Lalu klik Next.

Klik Install.

Proses pengkopian file.

Klik Finish.

Sekarang coba lihat di device manager, maka akan terlihat  device Network Adapter (LAN card) kita sudah dikenali oleh system operasi kita seperti gambar dibawah ini.

Bagaiman? mudah bukan?. Sampai jumpa diartikel selanjutnya, semoga tutorial ini benrmanfaat dan selamat mencoba!

Bersambung…

0 thoughts on “Cara Install Driver Mainboad Pada PC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.