July 18, 2024

Membuat Data Statistik Dengan Microsoft Excel 2010

3 min read

Membuat pengolahan data penelitian atau data administrative tidak selalu dengan program-program statistik, ternyata Microsoft excel juga mampu melakukan hal tersebut.

Kadang Kita kebingungan saat membuat  data statistik, karena pada laptop maupun PC kita tidak ada program statistik. Dalam benak kita, data statistik harus diolah dengan program statistik, misalnya SPSS, SAS, dan lain sebagainya. Padahal kita bisa menggunakan microsoft excel 2010 untuk membuat data statistik, Untuk itu Pada tutorial kali ini saya akan membagi sedikit ilmu kepada kalian gimana cara membuat data statistik menggunakan microsoft excel 2010.

Statistik adalah ilmu dan seni atau teknik untuk mengumpulkan data, menyajikan data, mengumpulkan data dan mengambil kesimpulan berdasarkan data yang berhasil dihimpun.

Baiklah… yuk kita simak langkah-langkahnya.

Terlebih dahulu kita aktifkan Referensi Tools Statistik Pada Excel 2010.Microsoft Excel 2010 sudah menyediakan dua fasilitas untuk mengolah data statistic, yaitu dengan memanfaatkan fungsi-fungsi statistik yang ada, dan perintah analisis yang merupakan perintah tambahan (add-in) sehingga tidak ditampilkan pada menu utama Microsoft Excel 2010.Sebelum dapat menggunakan perintah data analisis, langkah pertama yang harus dilakukan adlah mengaktifkan referensi tools yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel , di mana langkah-langkahnya sebagai berikut.

Langkah 1

Aktifkan program Microsoft Excel hingga terdapat worksheet kosong.

Langkah 2

Klik FileMicrosoft Excel yang berada di ujung kiri atas jendela utama. Klik Menu Options .

Langkah 3

di kotak dialog Excel Options klik menu add-ins yang ada di jendela sebelah kiri.Pilih dan Klik Analysis tool pack pada daftar aplikasi add-ins yang tidak aktif. Kemudian Klik tombol Go, dan sebuah kotak dialog add-ins ditampilkan.

Langkah 4

Berikan tanda check (lihat gambar) pada kotak check analysis tool pack.Kemudian  klik tombol OK dan tunggu beberapa saat sampai proses instalasi berakhir.

Langkah 5

Cara melakukan analysis stastik deskriptif dengan Excel bisa dilakukan dengan beberapa langkah yang sebenarnya siapa saja bisa melakukannya.  Beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam standar proses analysis adalah sebagai berikut :

  • Dari menu Data kemudian pilih Data Analysis

Analysis statistik yang akan di lakukan adalah mencari ukuran pemusatan dari segugus data yang diolah. Ukuran pemusatan merupakan sembarang ukuran yang menunjukkan pusat segugus data yang telah diurutkan, dari yang terkecil sampai yang terbesar. Ukuran pemusatan yang paling banyak antara lain :

  • Mean.

Mean merupakan nilai rata-rata atau nilai tengah dari segugus data.

  • Median.

Median merupakan nilai yang berada di tengah dari segugus data setelah diurutkan.

  • Modus.

Modus merupakan nilai yang paling sering muncul dari segugus data yang ada.

 

Contoh :

Hitung nilai mean, median, modus dari segugus data nilai Ujian Akhir Semester, yaitu: 95, 75, 70, 80, 75, 68, 80, 78, 97, 85, 64, 100, 70, 67, 90, 68, 65, 89, dan 75.

Langkah 6

Input data seperti contoh di bawah ini :

Langkah 7

Klik menu Data pada menu Utama MS.Excel , dan klik menuData Analysisyang ada di grup Analysis.

Langkah 8

  • Pada kotak Dialog Analysis , pilih menu Descriptive Statistik, dan klik tombol OK untuk keluar dari kotak dialog tersebut.
  • Klik button pada Input Range, dan masukkan data kedalam kolom Input Range, yaitu dengan cara mem-blok data pada sheet,
  • Berikan tanda cek pada Label in First Row jika cell yang dimasukkan tadi memuat label dari data.
  • Klik Output Range, klik pada kolom output range, dan tempatkan pointer pada sembarang cell yang kosong.
  • pilihan Summary Statistics. Klik tombol OK.

 

Dan Ini lah hasilnya  :

Simpulan :

Dari hasil perhitungan diketahui bahwa nilai rata-rata (mean) adalah78,4 nilai median 75 dan nilai modus adalah 75.

Selamat mencoba semoga bermanfaat ^_^..

0 thoughts on “Membuat Data Statistik Dengan Microsoft Excel 2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.