July 21, 2024

Out of Bounds Photography dengan Adobe Photoshop

2 min read

Bismillah, apa kabar anda semua?…

Semoga kita semua selalu senantiasa berada dalam kesehatan dan lindungan-Nya, amin.

Bertemu lagi dengan saya dalam tutorial desain grafis dengan Adobe Photoshop. Salah satu fitur photoshop yang paling sering digunakan adalah kemampuannya dalam memanipulasi objek gambar. Kali ini, kita akan membuat manipulasi objek yang seolah – olah keluar dari foto atau sering disebut dengan istilah Out of Bounds Photography, seperti contoh gambar berikut :

Bagaimana?….Anda pasti sering melihat gambar seperti diatas bukan?

Baiklah, yang anda perlukan hanyalah pengetahuan dasar tentang penggunaan masking dan clipping mask dalam Adobe Photoshop. Kalaupun anda belum pernah menggunakan Photoshop sama sekali, anda dapat mengikuti langkah – langkah berikut, cekidot.

Langkah 1

Buka aplikasi Adobe Photoshop anda (versi berapa saja yang anda miliki), pada tutorial kali ini penulis menggunakan versi CS 3.

Langkah 2

Buka file gambar yang ingin anda manipulasi, sebagai contoh gambar kucing lucu berikut :

Langkah 3

Klik layer background, duplikat layer gambar dengan menekan Control + J.

Lalu buat dua buah layer baru dengan menekan tombol insert new layer atau Shift + Control + N, atur posisi layer seperti berikut :

Langkah 4

Klik icon show/hide pada Layer 1 untuk menyembunyikan layer tersebut, kemudian aktifkan Layer 2.

Langkah 5

Selanjutnya buatlah seleksi dengan Rectangular Marquee Tool, tekan shotcut Control + Backspace untuk memberi warna seleksi dengan warna background (dengan catatan anda belum merubah warna foreground dan background defaultnya).

Langkah 6

Duplikat Layer 2 menjadi Layer 4, seleksi Layer tsb dengan menahan tombol Control lalu klik pada layer tsb, beri warna hitam dengan menekan tombol Alt + Backspace untuk memberi warna foreground hitam, lalu perkecil hasil seleksi seperti berikut :

Langkah 7

Aktifkan Layer 3,  atur warna foreground dengan warna putih, beri warna pada layer tsersebut dengan menekan Alt + Backspace, lalu beri garis outline dari Menu Edit – Stroke.

Langkah 8

Aktifkan kembali Layer  1, Kilk icon hide/show agar layer tsb kembali ditampilkan, pilih menu Layer – Create Clipping Mask untuk mengaktifkan penggunaan clipping mask .

Langkah 9

Aktifkan Layer 2, tekan Shift lalu klik Layer 4 agar kedua layer terseleksi, pilih menu Edit – Transform – Distort, lalu geser keempat titik sudut foto seperti berikut :

Langkah 10

Aktifkan Layer 2, klik icon Add Layer Mask, klik Brush Tool, atur warna Foreground hitam, lalu brush pada bagian kepala dan kaki untuk menghapus bingkai foto. Ulangi langkah tersebut untuk Layer 3 sehingga tampak seperti berikut :

Langkah 11

Untuk merapikan bagian telinga, kepala dan kaki, gunakan Brush Tool dengan warna Putih. Agar bulu – bulu halus pada bagian kepala tetap terlihat, gunakan Brush berikut :

Langkah 12

Hasilnya sebagai berikut :

Contoh lainnya :

Cukup mudah bukan, silakan bereksperimen dengan gambar lain, selamat berkarya 🙂

0 thoughts on “Out of Bounds Photography dengan Adobe Photoshop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.