July 24, 2024

Menggunakan JOptionPane Untuk Mendapatkan Input Pada JAVA

2 min read

Hallo.. semuanya…!!! jumpa lagi disini,,, kalo sebelumnya saya sedikit berbagi mengenai bagaimana kita membuat Form Input pada FLASH dan data yang di input akan disimpan pada sebuah database klik disini untuk melihat tutorial tersebut. Kali ini, saya ingin berbagi sedikit pengetahuan tentang java, sedikit ilmu yang kita dapat, akan menjadi banyak, jika ilmu tersebut kita bagikan,, bener gak..???

Oke,,, sebelum saya membahasnya, saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu JOptionPane..?? JoptionPane adalah salah satu class yang didapat dari java.swing Package untuk membuat kemudahan dengan memunculkan dialog box standar yang memberikan kepada user sebuah nilai atau menginformasikan sesuatu.

Selanjutnya, mari kita bersama-sama mencoba membuat Input dari JOptionPane. Berikut ini langkah-langkahnya.

Langkah 1

Buatlah Script dibawah ini, untuk pembuatan script dapat dilakukan di creator, Netbean, bahkan notepad. Tapi kali ini saya akan menuliskan kodenya pada notepad.

Bingung…??? Tenang,, apa saja maksud serta fungsi dari script diatas, akan saya bahas di bagian akhir langkah –langkah ini…

Langkah 2

Simpan file tersebut sama kan dengan nama classnya yaitu Input_JOption.

Jangan lupa ada saat menyimpan format file .java sehingga menjadi seperti ini Input_JOption.java, lokasi penyimpanan bebas. Dalam hal ini saya akan menyimpan di localdisk D (tidak didalam folder agar mudah dalam proses memanggil file nanti untuk dicompile, karena disini nantinya saya akan menggunakan Notepad dan Comend Prompt).

Langkah 3

Setelah kita melakukan proses penyimpanan, langkah selanjutnya adalah melakukan compile, dimana nantinya akan menghasilkan satu file lagi dengan format file .class…. untuk melakukan compile dan running pada java, disini saya akan menggunakan Comand Prompt.

Langkah 4

Posisi awal berada pada C:\User\Administrator,,, selanjutnya kita pindahkan ke posisi dimana letak file java kita tadi berada, karena tadi saya menyimpan file java di localdisk D (tidak dalam folder), maka saya hanya cukup mengetik d: dan tekan enter.

Langkah 4

Javac Input_JOption.java -> untuk meng-Compile file java tersebut, sedangkan untuk menjalankan atau me-running nya kita ketik java Input_JOption Sehingga menghasilkan seperti ini :

klik OK akan menghasilkan seperti ini :

Penjelasan mengenai script :

import javax.swing.JOptionPane;
          public class Input_JOption{
          public static void main( String[] args ){
                String nama= "";
                 nama= JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Nama Anda");
                String pesan = "Hello " + nama + "!";
                                 JOptionPane.showMessageDialog(null, pesan);
                 }
        }

Penjelasan :

  • import javax.swing.JOptionPane;    (menjelaskan bahwa kita menggunakan kelas JoptionPane dari javax.swing package, selain itu kita juga dapat menuliskan script tersebut seperti ini import javax.swing.*;   
  • public class Input_JOption  ( membuat sebuah class yang kita berinama dengan Input_JOption)
  • nama= JOptionPane.showInputDialog(“Masukkan Nama Anda”);     à (membuat sebuah dialog yang dimana terdapat sebuah textfield untuk kita meng-INPUT sebuah data)
  • String pesan = “Hello ” + nama + “!”;    à sebuah variable bertype data String, dimana digunakan untuk menampung sebuah data seperti kata-kata Hello +nama ,dmn string ditandai dengan tanda kutip du(“”),sedangkan nama adalah sebuah variable yang berisikan data mengenai apa yang kita INPUT pada textfield di JOptionPane.
  • JOptionPane.showMessageDialog(null, pesan);à menampilkan dialog yang berisikan data yang tersimpan pada variable pesan.

0 thoughts on “Menggunakan JOptionPane Untuk Mendapatkan Input Pada JAVA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.