July 14, 2024

Copy-Paste ? Oh Tidak Bisa..

2 min read

Hai Friends.. sudah lama sekali kita gak berbagi nih, akhirnya ada waktu dan kesempatan deh buat berbagi di bulan ini. Tutorial kali ini saya akan berbagi tips mengenai bagaimana cara proteksi data yang telah kita buat menjadi file .PDF  agar tidak dapat di Copy-Paste.

File PDF merupakan sebuah file Data yang digunakan untuk menampilkan hasil dokumentasi dari file yang telah kita buat contohnya dari file .doc, .xls, .ppt dan lain-lain. Akan tetapi file tersebut jika kita convert atau diubah menjadi file PDF, teks pada file tersebut dapat di Copy-Paste, tidak bisa dipungkiri lagi hal ini membuat generasi penerus kita teracuni dan terserang penyakit turun-temurun yakni penyakit “Malas”.  Untuk itu saya akan mencoba membagi tips bagaimana cara menjadikan file PDF yang telah kita buat agar tidak dapat di Copy-Paste.

Langkah 1

Nah hal pertama kita harus memiliki software tambahan yaitu doPDF v7 dan Foxit Reader. DoPDF v7 merupakan sebuah software pembuat PDF gratis, bukan viewer PDF. [download id=”474″]

Foxit Reader adalah viewer PDF/alat pembaca, pencari, dan pencetak dokumen PDF multilingual. Perangkat lunak ini memungkinkan penggunanya untuk mendesain form PDF yang interaktif, memasukkan gambar, menambah jaringan, menambahkan keterangan pada PDF, mengirim PDF, dan lain sebagainya.[download id=”475″]

Langkah 2

Setelah software diatas telah terinstall ubahlah terlebih dahulu file .doc sebagai contohnya ke file .PDF dengan cara mencetak file/Print (Ctrl P) pada file.doc.


Langkah 3

Pada panel Print pastikan nama printer yang aktif adalah doPDF v7 lalu klik OK.

Langkah 4

Kemudian akan tampil panel Print doPDF – Save PDF File, ubah tempat penyimpanan file PDF yang dinginkan lalu klik OK.

Langkah 5

Setelah dicetak maka akan tampil file PDF yang telah kita buat tadi, viewer PDF yang tampil adalah Foxit Reader, disini kita coba block/seleksi teks pada file PDF, teks tersebut dapat di Copy-Paste dengan mudah.

Langkah 6

Untuk membuat teks pada file PDF tersebut tidak dapat di Block/Seleksi, langkah selanjutnya adalah cetak kembali/print file PDF yang buka dengan menggunakan Foxit Reader.

Langkah 7

Sama seperti yang kita lakukan sebelumnya pilih nama printer doPDF terlebih dahulu untuk memastikan file PDF yang kita cetak menggunakan doPDF v7 yang telah di install.

Langkah 8

Kemudian akan tampil panel Print doPDF – Save PDF File, ubah tempat penyimpanan file PDF yang dinginkan lalu ubah nama file PDF yang baru lalu klik OK.

Langkah 9

Setelah dicetak maka akan tampil file PDF yang telah kita buat tadi, viewer PDF yang tampil adalah Foxit Reader, disini kita coba block/seleksi teks pada file PDF, teks tersebut tidak dapat di Copy-Paste.

Nah bagaimana? mudahkan.. mari kita budidayakan “ANTI Copy-Paste” Semoga bermanfaat….

Lihat hasil akhirnya dbawah ini:

[download id=”476″]

[download id=”477″]

0 thoughts on “Copy-Paste ? Oh Tidak Bisa..

  1. salam,

    gan, terima kasih. datang juga ke blog ane dan kasih komen oke.

    ane punya punya pertanyaan:
    kalo pengen yang bisa buka pdf kita hanya yang jadi anggota bisa ga?

    makasih kalo di jawab

    1. Iya Mas tiyo.. silahkan ikutin saja langkah2 di atas :2thumbup itu ada 2 cara mas semoga bermanfaat ya :thumbup

  2. udah d’coba2 tapi kok tetap bisa d’copy . . apa ada yang salah, padahal udah ngikutin perintah seperti cara yang d’atas 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.