July 15, 2024

Animasi Gerakan Kepala Karakter (Menoleh) Bagian 1

2 min read

Yo, jumpa lagi dengan tutorial yang saya. Kali ini saya akan memberikan cara-cara membuat animasi gerakan kepala karakter menoleh pada program Adobe Flash. Tipe animasi ini masih merupakan animasi frame demi frame. Baiklah, silahkan perhatikan dan baca tutorial ini untuk memahami bagaimana membuat animasi ini.

Contoh hasil projek yang akan kita buat :

Langkah 1

Pertama buatlah gambar posisi awal kepala pada frame pertama adobe flash.

Screen shot 2013-03-21 at 3.18.34 PM

Langkah 2

Tambahkan layer pada animasi anda, tujuan dari layer ini adalah untuk membuat garis dasar/ sketsa tahap demi tahap kepala menoleh.

Screen shot 2013-03-21 at 3.18.42 PM

Langkah 3

Nah, dari sini mulailah menggambar sketsa langkah-langkah kepala menoleh dengan frame demi frame pada layer sketsa. Ada baiknya layer pertama tadi digembok dulu agar tidak terganggu ketika menggambar pada stage di layer sketsa. Dan juga tekan kotak Outline pada layer gambar untuk mempermudah menggambar sketsa pada layer sketsa.

Screen shot 2013-03-21 at 3.18.47 PM

Langkah 4

Mulailah menggambar sketsa awal dari gambar awal. Dan pada beberapa frame berikutnya, gambar pula sketsa kira-kira gambar gerakan kepala berikutnya atau langsung gambar sketsa kepala yang terakhir Gunakan fungsi Union Skin ketika menggambar sketsa kepala selanjutnya.  Disini saya langsung mencoba menggambar sketsa kepala yang terakhir.

Screen shot 2013-03-21 at 3.19.36 PM

Langkah 5

Pada layer yang telah kita gambar sketsanya, mulailah menggambar wajah karakter kembali melalui sketsa yang telah kita buat. Lepaslah gembok pada layer gambar, dan sebaliknya gemboklah layer sketsa. Sejajarkan posisi frame sketsa gambar berikutnya dan tekan F7 pada layer gambar. Baiklah pada frame ini kita gambar kembali posisi kepala terakhir dengan bantuan gambar sketsa.

Screen shot 2013-03-21 at 3.19.45 PM

Langkah 6

Baiklah, langkah yang ini bisa dikatakan langkah yang agak rumit, mungkin juga untuk langkah yang berikutnya. Karena pada langkah ini akan membuat animasi diantara 2 keyframe yang telah kita buat tadi. Pilih frame yang ada ditengah untuk menggambarkan kira-kira bagaimana kepala yang sedang menoleh. Anda bisa memulainya dahulu dengan sketsa atau anda langsung menggambarkannya pada layer gambar, dan jangan lupa gunakan Onion Skin untuk membandingkan gambar antar 2 Keyframe tersebut.

Screen shot 2013-03-21 at 3.19.52 PM

Screen shot 2013-03-21 at 3.20.03 PM

Langkah 7

Apabila sudah selesai, buat lagi gambar diantara 2 keyframe. Kali ini diantara keyframe pertama dan yang kedua, dan diantara keyframe kedua dan ketiga, sehingga gambar-gambar tersebut menjadi urutan gerak kepala dengan membandingkan tiap 2 keyframe.

Screen shot 2013-03-21 at 3.20.21 PM

Terkadang membandingkan antara 2 gambar untuk menggambar di keyframe diantaranya bisa dikatakan lumayan susah, tetapi tidak perlu terlalu mirip juga tidak masalah kok. Yang penting disini gambar yang dibuat cukup meyakinkan untuk menjadi animasi perpindahan ke gambar yang lainnya. Tetapi bisa dikatakan makin banyak gambar yang anda buat pada animasi tersebut, maka makin bagus pula jalannya animasi yang dimainkan tersebut.

 Nah, begitulah caranya membuat animasi frame by frame kepala menoleh kali ini. Semoga bermanfaat bagi anda yang menggemari membuat animasi tipe frame by frame seperti ini. Sampai jumpa di tutorial berikutnya.

0 thoughts on “Animasi Gerakan Kepala Karakter (Menoleh) Bagian 1

  1. pak,, apkah kelemahan swish slah satunya dsni pak,, atau swish jga bsa buat seperti ??? menurut bpak ciri khas swish dan flash itu ap ya pak??? sehingga kita bisa langsung fokus ke prog yg kita gunakan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.