July 25, 2024

Mengelola Album Foto Dengan Menggunakan Program Picasa

2 min read

Assalamualaikum  warga PalComTech semua ? Apa kabar ? Pasti luar biasakan?

Pada kesempatan kali ini saya mengelola album foto dengan menggunakan program picasa, sebelumnya saya sudah membuat tutorial tentang Picasa itu apa? dan cara menginstalnya?.

Kerapian di dalam penataan data/folder sangat berpengaruh pada pencarian data di waktu yang akan datang. Selain itu memiliki foto yang tersusun rapi memperkecil kemungkinan terhapusnya file yang penting karena ketidaksengajaan dari para pengguna komputer termasuk anda.

Picasa sendiri akan menampilkan foto anda secara urut berdasarkan waktu/tahun dibuatnya foto tersebut. Pengurutan ini dapat membantu anda biar lebih mudah menemukan foto yang dicari. Misalkan anda ingin mencari foto-foto yang dibuat pada tahun 2012, maka anda dapat aktif pada kumpulan foto di tahun 2012.

Berikut langkah-langkahnya dalam mengelola album foto :

Langkah 1

Pertama-tama anda buka dulu program Picasanya, setelah itu Toolbarnya anda Klik “View” Lihat.

Album Foto1

Langkah 2

Kemudian anda pilih forlder foto mana yang akan anda urutkan, disini saya ambil foto-foto di folder pada tahun 2011 dan saya ambil di folder.

Album Foto2

Setelah itu anda bisa memilih urutan folder berdasarkan “ Nama”, “Tanggal”, “Ukuran”, “Balik Urutan”.  Disini saya urutkan foldernya berdasarkan nama, maka hasilnya seperti di bawah ini :

Album Foto3

Langkah 3

Membuat Album foto, untuk membuat album foto yang merupakan folder virtual Picasa. Klik tombol “Create My Folder” pada deretan toolbar picasa.

Album Foto4

Isikan kolom pengisian jendela Album Properties seperti: “Nama” untuk nama album, “Tanggal” untuk tanggal pembuatan album tersebut secara default akan tertulis tanggal sekarang, namun anda juga dapat menentukan secara bebas tanggal yang akan dikehendaki, “ Lokasi Pengambilan Foto” untuk nama lokasi pengambilan foto, “Penjelasan” untuk penjelasan album yang anda buat tersebut.

Album Foto5

Langkah 4

Anda juga dapat menyisipkan lagu pada album tersebut yang mana jika album itu dibuka/dilihat, maka background music tersebut akan dimainkan, klik “Browse” dan pilihlah salah satu lagu yang dimaksud. Akhiri pembuatan album dengan klik tombol “ OK”.

Album Foto6

Untuk memasukan foto ke album yang kita buat tadi, cukup cari foto yang akan di masukan ke album yang kita buat tadi, dengan klik kanan pada foto yang akan kita masukan ke dalam album yang kita buat.

Album Foto7

Langkah 5

Untuk melihat hasil foto yang ada di album kita, cukup cari nama albumnya. Dan inilah hasil album yang telah saya buat.

Album Foto8

Untuk menjalankan hasil album yang kita buat, anda klik 2 kali pada foto yang akan anda putar.

Album Foto9

Selanjutnya anda klik tombol “Putar” untuk mendengarkan lagu yang kita masukan kedalam album yang kita buat cukup klik tombol “Play” .

Album Foto10

Baiklah sampai disini dulu tutorialnya, sampai berjumpa lagi di tutorial selanjutnya. 🙂

0 thoughts on “Mengelola Album Foto Dengan Menggunakan Program Picasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.