July 20, 2024

Instalasi Linux Kubuntu 13.04 Netbook Edition

3 min read

3

Hai pembaca, Apa kabar ? Selamat berjumpa dengan penulis di artikel perdananya. Pada kesempatan ini, penulis ingin mengulas tentang instalasi Linux Kubuntu versi 13.04 Netbook Edition. Hmm, Sebenarnya Linux Kubuntu itu apa sih ? Lalu, apa bedanya dengan desktop version ? Yuk, langsung simak penjelasan dibawah ini.

Kubuntu adalah sistem operasi hasil pengembangan Linux Ubuntu yang menggunakan layanan antar-muka versi KDE (K Desktop Environment). Lain halnya dengan Ubuntu yang secara default menggunakan interface GNOME, KDE dikembangkan demi melayani kemudahan pengguna dengan lingkungan desktop-nya yang lebih menyerupai Windows.

Berikut adalah tampilan desktop KDE pada Kubuntu standard desktop.

3

Kubuntu Netbook Edition baru dikembangkan pada Oktober 2009 saat rilis Kubuntu 9.10. Menggunakan KDE Plasma Netbook, Kubuntu Netbook Edition diperuntukkan bagi arsitektur komputer yang minim; dimensi layar kurang dari 10 inci, daya prosesing terbatas yang hanya disokong dengan memori dan harddisk yang kecil dan ketidaktersediaan CD/DVD drive seperti pada kebanyakan netbook. Dengan desain tampilan yang memudahkan akses ke beragam fitur dan aplikasinya, Kubuntu Netbook Edition juga dikembangkan bagi pengguna layar sentuh / touchscreen.

Berikut tampilan desktop Kubuntu Netbook Edition.

4

Sebelum dimanjakan dengan tampilan Kubuntu Netbook Edition, mari kita lakukan instalasi terlebih dahulu.

Langkah 1 :

Siapkan CD instalasi atau media portable seperti flashdisk yang sudah bootable Live USB Linux. Splash-screen instalasi akan memandu Anda untuk memilih opsi instalasi. Pilih Start Kubuntu dan ikuti perintah selanjutnya.

5

Langkah 2 :

Perhatikan gambar dibawah ini. Ada dua opsi yang bisa Anda pilih. Pertama, bila Anda berhasrat melakukan preview terlebih dahulu, Anda bisa memilih Try Ubuntu. Dari sana, Anda akan dibawa menuju desktop Kubuntu yang akan ditampilkan secara Live Mode, lengkap dengan segala aktifitas dan fitur-fitur Kubuntu seperti setelah instalasi. Pilihan Install Kubuntu adalah pilihan yang bisa Anda pilih untuk langsung melakukan instalasi.

6

Langkah 3 :

Ceklis Install third-party software untuk instalasi beberapa aplikasi pihak ketiga seperti pendukung flash-player, media MP3, aplikasi pendukung grafis dsb., kemudian pilih Continue

7

Langkah 4 :

Selanjutnya adalah bagian partisi harddisk. Pilih Manual untuk membagi partisi secara kustom. Klik Continue

8

Langkah 5 :

Klik pada /dev/sda, dan pilih free space. Kotak dialog selanjutnya akan memberikan pilihan untuk pembuatan partisi. Pertama, Anda bisa membuat partisi root dengan mount point “/”. Besar partisi disesuaikan dengan kapasitas harddisk yang Anda miliki. Dengan asumsi harddisk yang digunakan pada tutorial ini sebesar 100 GB, maka untuk partisi root “/” ini diberikan space 40000 MB (40 GB) atau sebesar 40% kapasitas harddisk. Partisi root ini memiliki peran yang sama seperti Local Disk System C: pada sistem operasi Windows. Klik OK untuk melanjutkan.

9

Langkah 6 :

Setelah selesai, akan terbentuk partisi root “/” yang telah Anda buat tadi. Klik kembali pada free space untuk membuat partisi selanjutnya yaitu memori swap. Kerja utama memori swap adalah sebagai memori cadangan apabila kinerja memori utama sudah terlampau berat. Swap akan lebih baik apabila partisinya dialokasikan sebesar 2 kali lipat besar memori utama. Alokasi swap pada tutorial ini adalah sebesar 2048 MB (2 GB). Klik OK untuk melanjutkan.

10

Langkah 7 :

Partisi terakhir yang dibuat adalah home dengan mount point /home. Partisi ini bisa dialokasikan dari sisa space harddisk yang ada, dengan catatan Anda tidak membuat partisi-partisi lain setelah ini. Partisi /home memiliki peran yang hampir sama seperti Local Disk Data D: pada sistem operasi Windows. 

11

Langkah 8 :

Setelah semua partisi dibuat, klik Install Now untuk melanjutkan instalasi.

12

Langkah 9 :

Pilih Region dan Time Zone yang sesuai dengan zona waktu yang ada. Ini akan menjadi acuan waktu yang beredar pada sistem nantinya. Pilih Continue untuk melanjutkan.

13

Langkah 10 :

Pilih opsi keyboard yang sesuai. Keyboard yang beredar di Indonesia kebanyakan berformat QWERTY English (U.S.). Klik Continue.

14

Langkah 11 :

Bagian selanjutnya adalah pengisian beberapa informasi yang berguna sebagai user info. Isikan nama Anda, nama username & password untuk login, dan nama untuk sistem komputer Anda. Selanjutnya, klik Continue.

15

Langkah 12 :

Instalasi akan segera masuk ke tahap pengadaan dan pengkopian beberapa data sistem. Tunggu hingga proses selesai.

16

Langkah 13 :

Instalasi selesai. Klik Restart Now untuk melakukan restart.

17

Langkah 14 :

Selepas restart, Anda akan dihadapkan pada kotak dialog Login. Masukkan user dan password yang sesuai.

18

Langkah 15 :

Selesai. Linux Kubuntu siap dioperasikan !

19

Ingin tahu apa saja fitur dan aplikasi di Kubuntu Netbook Edition ? Tunggu kelanjutannya yah, di artikel “Show-up Your Kubuntu !”, hanya di news.palcomtech.com 😀

ISO Download : www.kubuntu.org/getkubuntu

 

0 thoughts on “Instalasi Linux Kubuntu 13.04 Netbook Edition

  1. mantap ni tutor nya…

    go go go open source…
    dari pada pakek software bajakan, mending di biasain pekek open source….

    nice tutor cikiepaw..
    :2thumbup

  2. wawww….
    mantap tu tutornye…..
    hehe :cool tapi keknya ada yang kurang dech wkkwkw :cool

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.