July 24, 2024

Konfigurasi DHCP Server Pada Mikrotik Router OS

2 min read

dhcp

Ketika kondisi jaringan membutuhkan konfigurasi IP Address secara otomatis, maka sebaiknya alternatif solusi yang kita berikan adalah dengan menambahkan layanan DHCP Server, dimana server ini akan melakukan leased pada scope IP yang telah kita tentukan. Konfigurasi pengalamatan dengan menggunakan layanan ini akan memudahkan seorang administrator jaringan dalam melakukan konfigurasi IP Address jika kebutuhan host relatif besar.

Kebutuhan akan pengalamatan secara otomatis ini juga dapat diterapkan pada media jaringan dengan koneksi berbasis wireless, dimana host akan melakukan request IP Dynamic untuk dapat terhubung dan dikenali oleh perangkat Access Point untuk melakukan share ke segment jaringan lainnya.

Adapun langkah-langkah di dalam melakukan konfigurasi Mikrotik Router OS untuk membuat layanan DHCP Server adalah sebagai berikut:

Langkah 1

Masuk ke winbox -> pilih IP -> Pilih DHCP Server.

dhcp1

Langkah 2

Pilih DHCP Setup -> Pilih NIC (interface yang akan melakukan broadcast layanan DHCP Server).

dhcp2

Langkah 3

Menentukan segment network yang akan menggunakan layanan DHCP (dalam case ini saya menggunakan network 192.168.0.0 prefix /28 (255.255.255.240).

dhcp3

Langkah 4

Menentukan IP gateway (dalam case ini saya memasang server NAT plus DHCP server pada komputer yang sama).

dhcp4

Langkah 5

Menentukan range IP Address yang disewakan (leased) (note penting: tidak termasuk IP yang digunakan sebagai DHCP Server).

dhcp5

Langkah 6

Menentukan DNS Server (dalam case ini mesin DNS server juga saya integrasikan dengan layanan DHCP Server), apabila kita menggunakan mesin dns yang berbeda kita pun harus mengarahkan konfigurasi nya pada IP DNS Server tersebut.

dhcp6

Langkah 7

Menentukan leased duration time (waktu maksimum untuk melakukan lease IP dynamic tersebut/dalam case ini saya memberikan leased untuk rolled back setiap 2 jam sekali).

dhcp7

Langkah 8

Konfigurasi DHCP Server Selesai.

dhcp8

Langkah 9

Terlihat layanan DHCP Server telah dipakai oleh salah satu client dg IP 192.168.0.3/28 dengan nama host “zaid”, dengan leased duration yang telah ditentukan.

9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.