July 15, 2024

Mengubah Alamat IP dan Default Gateway Tanpa Reboot Pada Solaris 10 OS

2 min read

solaris

Pada tutorial sederhana ini Saya sedikit akan menampilkan dokumentasi bagaimana cara mengubah interfaces ethernet pada Solaris machine tanpa harus melakukan reboot pada sistem, seperti yang di sampaikan oleh http://www.oracle.com/solaris bahwa OS Solaris mempunyai reputasi yang cukup baik untuk multiprocessing simetris yang mendukung sejumlah besar CPU yang berjalan secara paralel.

Secara historis Solaris merupakan produk yang terintegrasi secara erat dengan mesin-mesin berbasis prosesor SPARC Sun (termasuk di dalamnya dukungan untuk aplikasi SPARC 64-bit sejak Solaris 7) yang telah dipasarkan sebagai paket gabungan. Hal ini membuat sistem menjadi lebih handal meski harus dibayar dengan biaya yang lebih tinggi dari tingkat harga pasar rata-rata komoditas komputer personal (PC).

Oke langsung saja kita masuk pada bagaimana mengubah alamat IP pada Solaris 10 server, memiliki sedikit perbedaan (banyaknya file yang di maintaned) dari versi sebelumnya dari Solaris 9, Solaris 8 dan lain-lain.

Langkah 1

Pada versi Solaris OS sebelumnya, kita terlebih dahulu perlu mengubah file /etc/hosts dan /etc/inet/hosts, untukkemudian menambahkan alamat IP dan hostname .

solaris2

Langkah 2

Begitupun juga di Solaris 10 kita juga harus mengubah file /etc/hosts yang mempunyai hubungan symbolic link pada file /etc/inet/hosts dan tambahan satu file lagi yaitu /etc/inet/ipnodes dengan menambahkan alamat IP beserta hostname juga tentunya , dan ketika kita telah mengedit salah satu file maka file symlinc yang lain akan ikut berubah secara otomatis.

solaris3

Langkah 3

Biasanya untuk mengubah Kernel dalam keadaan standby, tambahkan juga beberapa perintah berikut ( dalam hal ini saya juga menambahkan netmask, sesuai dengan subnetting yang kita tentukan).

#ifconfig pcn0 192.168.10.1 netmask 255.255.255.240 up

Langkah 4

Kemudian setelah itu, coba kita restart network dengan menggunakan perintah :

#svcadm restart network/physical

Iihat apakah ada perubahan pada table routing :

solaris4

Langkah 5

Walaupun file /etc/inet/ipnodes adalah primary untuk IPv6 saja, tanpa menambahkan suatu alamat IP, maka alamat IP (IPv4) tidak akan dapat aktif, dan ini terlihat menjadi suatu masalah, namun berita baiknya hal ini sekarang sudah diperbaiki untuk Solaris 10 U4 (08/07 build).

Lalu bagaimana cara untuk mengubah Alamat IP gateway, hmmm… mungkin terlebih dahulu mari kita lihat table routing berikut dan dimana letak file tersebut di maintained (diperbaharui):

/etc/defaultrouter [IPv4 only] (letak file command default router)

Langkah 6

Sebelum kita menambahkan alamat IP gateway yang baru, terlebih dahulu kita harus menghapus alamat IP gateway yang sedang aktif:

# route delete default 202.100.10.1

Langkah 7

Lalu Tambahkan alamat IP gateway yang baru :

# route add default 192.168.10.14

Langkah 8

Cek Kembali routing tabel :
#netstat -rn

solaris5

Langkah 9

Terlihat pada snapshot bahwa Alamat IP default gateway telah berubah menjadi 192.168.10.14/28.

Sekian dan Selamat Mencoba đŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.