July 14, 2024

Cara Backup Data Dengan RSYNC

2 min read

RSYNC adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan backupdata dari satu komputer ke komputer lain, RSYNC merupakan perangkat lunak yang dikembangkan di flatform OS Linux. Keunggulan perangkat lunak RSYNC adalah:

  1. Melakukan backup data tanpa harus mengulang menyalin data yang telah dibackup pada komputer tujuan, hanya data yang belum tersalin yang akan dibackup. Karena RSYNC melakukan proses sinkronisasi terlebih dahulu sebelum proses backup data.
  2. Mampu melakukan salin data dengan mengkompres data terlebih dahulu sebelum data dilewatkan ke sebuah media jaringan menuju komputer tujuan, sehingga proses backup data mampu berjalan lebih cepat.

Berikut penjelasan bagaimana menggunakan perangkat lunak RSYNC untuk melakukan backup data.

komp1

Skema Rancangan Topologi

Langkah 1

Melakukan instalasi paket RSYNC terlebih dahulu, dengan menuliskan perintah pada command line interface menggunakan hak akses root.Paket RSYNC harus diinstal pada kedua sisi komputer (komputer asal dan komputer tujuan), berikut perintahnya:

komp2

Instalasi Paket RSYNC Pada Komputer Asal

komp3

Instalasi Paket RSYNC Pada Komputer Tujuan

Masukan password root (su-super user) seperti saat proses instalasi OS Linux.

Langkah 2

Untuk menjalankan RSYNC kita harus memiliki user account terlebih dahulu pada komputer tujuan, berikut perintah cara menambahkan user account:

komp4

Menambah User Account Pada Komputer Tujuan

Lalu nanti akan diminta untuk memasukan password dan mengulangi password yang dimasukan. ‘dede’ adalah username dari user account yang ditambah.

Langkah 3

Misalkan data yang akan dibackup adalah ‘data.dat’ pada komputer asal, maka perintah untuk melakukan backup data dengan menggunakan RSYNC adalah sebagai berikut:

komp5

Perintah RSYNC

Dimana ‘backup’ adalah sebuah direktori yang terletak di dalam folder home dari user ‘dede’, option ‘–progress’ akan menampilkan indikator progress selama proses transfer berlangsung, dan option ‘-z’ akan mengkompress data selama proses transfer data. Gambar dibawah ini adalah hasil proses backup data menggunakan RSYNC pada komputer tujuan:

komp6

Hasil Proses Backup Data Menggunakan RSYNC

0 thoughts on “Cara Backup Data Dengan RSYNC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.