July 25, 2024

Running Text With Adobe Title Designer In Adobe Premiere CS3

1 min read

Bismillah. Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas cara menambahkan teks berjalan pada sebuah klip video. Teknik ini sering digunakan oleh stasiun televisi dalam menyampaikan berita. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

Langkah 1

Buka kembali project Green Background Masking yang sudah pernah dibahas sebelumnya.

Langkah 2

Buat teks dari menu File – New – Title, beri nama file running text sehingga jendela Adobe Title Designer ditampilkan.

running

Langkah 3

Buatlah isi berita yang akan ditampilkan. Posisikan awal teks di tepi kiri tampilan screen (lihat gambar). Tidak perlu khawatir jika teks yang anda buat terlalu panjang hingga melewati tampilan screen.

running2

Langkah 4

Lihat pada jendela Title Property untuk mengubah ukuran atau jenis font, sedangkan warna font dari bagian Fill. Anda juga dapat menambahkan garis luar dengan Stroke dan bayangan teks dengan Shadow.

running3

Langkah 5

Teks masih berupa still teks atau teks diam. Klik pada tanda Roll/Crawl Options untuk mengubah tipe teks. Pilih Crawl Left agar teks bergerak dari kanan ke kiri screen dan cek pilihan Start off Screen dan End off Screen, agar teks berawal dari luar screen dan berakhir ke luar screen juga.

running4

Langkah 5

Tutup jendela Adobe Title Designer. Running Text yang telah anda buat tadi akan ditampilkan di jendela Project. Premiere akan menganggap file teks tersebut dengan tipe file video.

running5

Langkah 6

Drag file running text ke jendela Timeline: Sequence 01 pada Track Video 3. Perpanjang durasi file running text tersebut sesuai dengan durasi background dan klip michaela.

running6

Hasil akhir dapat dilihat seperti berikut:

[flowplayer src=’http://news.palcomtech.com/wp-content/uploads/running-text.flv’ width=450 height=350]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.