July 20, 2024

Standar Membuat Desain Website Dalam Photoshop

2 min read

Halo PalComSter apa kabar? Pastinya luar biasa ya! Jumpa lagi dengan saya dalam tutorial yang berbeda. Kali ini saya akan membahas “Standarisasi Membuat Desain Website menggunakan Photoshop”. Ada beberapa alasan mengapa para desainer web membuat ukuran template web yang berbeda beda, mungkin salah satunya adalah menyesuaikan dengan content yang akan ditampilkan nantinya. Saya beranggapan bahwa untuk menghasilkan tampilan desain yang bagus dan rapi pada layar monitor maka perhatikan standarisasi berikut:

Resolusi 72, 72 dpi adalah resolusi standar untuk tampilan di monitor. Jika kita membuat desain website dengan resolusi 100 dpi maka ukuran font size kita akan berubah menjadi lebih besar dari sebelumnya terlebih jika kita mencetaknya. Maka untuk membuat desain website, buatlah dari awal resolusi 72 dpi.

Warna RGB, pilih warna RGB karena memang dikhususkan untuk monitor dan tersedia juga warna khusus web, centang “only web”.

Lebar konten web max 1000 pixels, ini karena standar monitor orang awam berkisar di resolusi 1024 x 768. Menurut saya standarisasi mendesain website di area sekitar 900-1000 pixels karena sesuai dengan tampilan layar monitor tidak terlalu besar dan tampilan latar terlihat dan mudah untuk mengatur konten. Untuk bagian background image mungkin perlu melebihi lebar 960 pixel tujuannya supaya background terlihat rapi dan tidak terpotong jika di buka di monitor yang lebar seperti 1360 x 768 pixel atau lebih. Seheboh apapun desain yang kamu buat, jaga area konten (teks, foto dll) agar jangan melebihi lebar 1000 Pixel. 

Screen shot 2013-10-08 at 1.44.58 AM

Gunakan Garis Bantu. Untuk mengaktifkan garis bantu tekan view – Grid. Grid ini mempermudah kita menjaga konsistensi layout dari halaman satu ke halaman yang lain. Grid juga membantu dalam proses slicing. Grid tidak harus di pakai, yang terpenting lebar area konten tidak boleh melebihi 1000 pixel.

Screen shot 2013-10-12 at 2.38.21 AM

Hhmm… bagaimana teman-teman? Tutorialnya mudah bukan? Sampai jumpa di tutorial selanjutnya dan selamat mencoba :).

0 thoughts on “Standar Membuat Desain Website Dalam Photoshop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.