July 24, 2024

Setting Lokasi Penyimpan File PHP

2 min read

Assalamu’alaikum wr.wb

Seperti yang kita ketahui file .php dapat kita jalankan pada web browser dengan mengetik http://localhost.

apache1

File .php akan dapat muncul didalam browser dengan mengetik localhost, tentunya tidak akan otomatis muncul dengan sendirinya. Agar dapat dijalankan di localhost file .php tersebut harus disimpan di lokasi tertentu.

 Secara default, file .php disimpan di localdisk C–> AppServ –> www.. Jika file .php disimpan di folder tersebut maka otomatis saat kita menbuka localhost file tersebut akan tampil.

apache2

Namun ada beberapa kendala, bagaimana kalau kita tidak mau simpan file.php di folder tersebut dan ingin menyimpan file .php di folder lain sesuai dengan keinginan kita.

Nah disini kita akan membahasnya …..!!!!

Seperti yang dijeaskan diatas secara default file.php tersetting di c:\\Appserv\www ,  untuk dapat menyimpan di lokasi folder yang lain tentunya kita harus melakukan setting lokasi penyimpanannya dengan cara sebagai berikut :

Langkah 1

Buka apache edit dengan meng-klik start menu–all program–appserv–Configuration Server–Apache Edit The httpd.Conf Configuration file.

apache3

Langkah 2

Setelah itu akan terbuka notepadnya, dalam hal ini kita hanya mengubah DOCUMENTROOT dan DIRECTORY, cara nya mudah cukup tekan CTRL + F lalu pada kotak dialog Find What ketik DOCUMENTROOT dan klik Find next sampai ditemukannya DOCUMENTROOT.

apache4

apache5

Lalu ubah C:/Appserv/Www dengan lokasi penyimpan yang kita inginkan, Contoh saya akan menyimpan file .php di localdisk D – Herlinda – Belajar_PHP sehingga dapat kita ubah seperti dibawah ini :

apache6

Langkah 3

Setelah itu CTRL + F dan ketik pada FIND WHAT : Directory sampai bertemu dengan Directory “C:\Appserv\www” seperti dibawah ini :

apache7

Langkah 4

Lalu lakukan hal yang sama seperti pada langkah ke-2.

apache8

Setelah Selesai mengubah lokasi penyimpanan tekan CTRL + S atau pilih file—> save.

apache9

Langkah 5

Langkah selanjutnya adalah merestart apache nya, dengan cara klik  start menu—all program —appserv—Control Server by Service – Apache Restart.

apache10

Langkah 6

Pada web browser ketik localhost maka akan muncul data-data yang tersimpan pada folder D:\Herlinda\Belajar_PHP.

Selamat mencoba.. ^_^

0 thoughts on “Setting Lokasi Penyimpan File PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.