July 17, 2024

Menampilkan Gambar Ruang Bangun (Java)

2 min read

Hallo pencinta program dan opensource, kembali lagi dengan saya. Kali ini kita coba menampilkan bentuk bangun ruang dalam suatu program dimana program yang kita gunakan kali ini adalah java.

Bahasa pemrogramman ini sangat familiar dan banyak orang menggunakannya. Sebelum kita mulai belajar, kita berdoa dulu kemudian siapin cemilan dan kopi hangat sebagai teman untuk membuat koding dan logika. Kalau perut lapar susah untuk berfikir. Kalau nanti pusing dengan kodingnya diurang menggunakan cemilan dan kopi. wakaka ….. ok gak usah lama-lama langsung aja… minjem kata-kata mas tukul “balik nang lektop” :D.

Kalau yang pakai sistem operasi windows silahkan pakai, yang pakai linux silahkan pakai linux yang pakai apel juga silahkan pakai yang penting ada aplikasi eclipse dan netbean. Asal jangan pakai meja operasi ya nanti di buru oleh dokter bedah…. 😀

Baiklah langsung saja, untuk membuat perogram ruang bangun ini saya gunakan dua class.

Class pertama berisi perhitungan dari ruang bangunnya dan class kedua berisi koding form yang digunakan untuk menampilakn gambar ruang bangunnya. Sebelum masuk pada langkah-langkahnya saya perlihatkan dulu hasilnya, kurang lebih hasilnya seperti ini :

bangun

Kita buat file java yang pertama yaitu BangunPanel. Langkah-langkahnya seperti berikut :

Langkah 1

Buat java projectnya. (New -> java project -> kemudian tuliskan nama projectnya di kolom project name, tuliskan nama “BangunRuang”- > klik Finish)

kotak1

kotak2

Langkah 2

Buka file project BangunRuang kemudian klik kanan file src- >pilih new -> pilih class -> tuliskan nama filenya BangunPanel.

kotak3

kotak4

Langkah 3

Tuliskan scriptnya pada page editor script, script dapat dilihat disini.

Uji Bangun Ruang

Kemudian buat file kedua yaitu ujibangunRuang. File ini akan menampilkan isi dari script pertama dengan kata lain file pertama adalah deskripsi lengkap dari program yang dibuat file kedua adalah pemanggil untuk menampilkan hasil akhir dari pendeskripsian program. Caranya hanya membuat file class baru di dalam project BangunRuang, yaitu :

Langkah 1

Klik kanan src -> pilih new -> kemudian tuliskan nama file “ujibangunRuang” tanpa menggunakan kutip.

kotak5

kotak6

Langkah 2

Tuliskan script tersebut pada page editornya(klik disini), kemudian jalankan.

kotak7

kotak8

Ok… selesai Sampai disini dulu oprek-opreknya… sampai ketemu di materi yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.