July 15, 2024

Konfigurasi DNS di Debian

4 min read

Suntuk browsing di dunia maya, tidak ada info baru. terlintas untuk ngoprek saja sekalian berbagi info bagi teman-teman yang mau belajar linux. Kali ini saya mencoba berbagi informasi atau panduan untuk membangun DNS server. Baiklah kita beranjak dari browser ke terminal tools yang sangat saya sukai, karena ide pemecahan logika dan masalah ada semua di tools ini.

Ayo kita mulai sekarang, tools yang digunakan untuk membangun DNS server di linux namanya adalah BIND (Berkeley Internet Name Domain). Dibeberapa distro linux biasanya berbeda-beda penyebutannya ada yang menyebutnya BIND9 ada juga yang menyebut BIND. Nama tools biasanya digunakan sebagai nama service. contohnya di debian yang saya gunakan nama tools digunakan sebagai nama service. Baik itu BIND maupun BIND9 semuanya adalah sama.

Untuk bisa membangun DNS server maka install dulu tools Bind9 caranya ada sebagai berikut :

Langkah 1

Install bind

apt-get install bind9

dhcpserver11

2. Jika proses install selesai, kemudian lanjutkan dengan masuk ke dalam direktory bind yang ada dalam direktory /etc, jadi alamat lengkapnya adalah /etc/bind. kemudian buat file forward zone dan revers zone.Forward zone digunakan untuk menterjemahkan alamat yang mudah di ingat ke alamat IP Address. dan revers zone merupakan kebalikan dari forward zone. File forward dan reverse bisa di buat sendiri atau bisa juga mengcopy file db.local untuk file forward dan db.127 untuk file revers.

dhcpserver12

dhcpserver13

tanda && (simbol dan 2 x) digunakan untuk menghubungkan 2 perintah yang terpisah menjadi 1 x eksekusi perintah. file forward-zone dan revers-zone bukanlah nama file yang baku. bisa di ubah dengan nama yang anda inginkan.

3. Edit file named.conf.local kemudian tuliskan alamat forward-zone dan revers-zone nama domain dan ip address dari DNS Server. letak file named.conf.local berada dalam sub directory bind, alamat lengkapnya adalah /etc/bind/named.conf.local , sebenarnya kalau sudah masuk ke directory bind maka tinggal masuk saja ke file named.conf.local.

nano named.conf.local

perintah diatas, saya asumsikan anda sudah berada di directory /etc/bind

nano /etc/bind/named.conf.local

perintah diatas saya asumsikan anda di luar directory /etc/bind

kemudian tuliskan/tambahkan perintah berikut di dalam file named.conf.local

[sourcecode]
zone "virtualhosting.org" {

type master;

file "/etc/bind/forward-zone";

}

zone "10.in-addr.arpa" {

type master;

file "/etc/bind/revers-zone";

}

[/sourcecode]

nano forward-zone 

Kemudian edit file tersebut seperti gambar dibawah ini / mendekati sama dengan file berikut :

dhcpserver15

Penjelasan :

  • Pada baris @ IN SOA kata-kata localhost diganti dengan nama domain anda, seperti contoh diatas kata localhost saya ganti dengan nama domain saya yaitu virtualhosting.com. dan root.virtualhosting.com. jangan lupa tambahkan tanda titik setiap akhir nama domain.
  • Kemudian pada baris @ IN NS ganti kata-kata localhost menjadi nama domain anda dan tambahkan titik setiap akhir nama domain.
  • Pada baris kedua dari yang terakhir menterjemahkan alamat domain anda ke alamat ip address dari server DNS anda. ganti kata localhost ke nama domain anda
  • Pada baris terakhir merupakan sub domain, jika anda memiliki sub domain dan sub domain itu adalah nama lain domain pertama maka tuliskan seperti baris terakhir pada gambar dia atas.
  • Penjelasan dari 3 baris terakhir adalah. server DNS saya adalah virtualhosting.com, DNS saya mempunyai ip address 10.0.2.15, domain saya mempunyai subdomain yang merujuk pada domain utama saya yaitu virtualhosting.com

5. Kemudian edit file revers-zone.

nano revers-zone

Kemudian edit file reverse-zone, sama seperti file berikut atau mendekati sama dengan file revers-zone (sesuaikan dengan nama domain dan ip address anda).

dhcpserver16

Penjelasan :

  • Baris @ IN SOA ganti kata-kata localhost dengan nama domain anda, contoh saya gunakan namadomain saya yaitu virtualhosting.com.
  • Baris @ IN NS ganti kata-kata localhost dengan nama domain anda, contoh saya gunakan namadomain saya yaitu virtualhosting.com.
  • Pada baris terakhir ada tulisan 15.2.0 merupakan 3 oktet ip address tersisa dari 4 oktet ip address saya. 1 oktet sudah saya tuliskan di named.conf.local oktet ke A dari (A.B.C.D yang ditulis terbalik D.C.B.A) tiga oktet berikutnya saya tuliskan di revers-zone ( D.C.B). oktet A.B.C menyatakan network, oktet D menyatakan host. jadi seperti yang saya sebutkan sebelumnya pada bagian penulisan file named.conf.local ada 3 penulisan alamat, yaitu 3 oktet (C,B,A), 2 oktet (B,A) dan 1 oktet (A), kalau di file named.conf.local ditulis 3 oktet maka di file revers-zone dituliskan oktet yang tersisa yaitu oktet (D), kalau 2 oktet di file named.conf.local maka di file revers-zone di tuliskan oktet (D,C), kalau 1 oktet di file named.conf.local maka di file revers-zone diteliskan 3 oktet tersisa (D,C,B)

Seluruh tahapan nomor 3,4,5 sesudah melakukan perubahan file config maka simpan hasil perubahan tersebut, dengan cara menekan tombol kombinasi di keyboard (ctrl + o) kemudian di enter, dan keluar dari halaman tersebut menggunakan tombol (ctrl +x)

6. Restart service DNS, menggunakan perintah.

/etc/init.d/bind9 restart        # untuk restart service bind

dhcpserver17

 7. Lakukan pengujian DNS server, bisa gunakan perintah nslookup ataupun dig.

nslookup 10.0.2.15 && nslookup virtualhosting.com && nslookup www.virtualhosting.com

dhcpserver18

dig -x 10.0.2.15 && dig virtualhosting.com && dig www.virtualhosting.com

dhcpserver19

dhcpserver20

dhcpserver21

8. Semua langkah-langkahnya telah selesai dikerjakan, saatnya minum kopi sambil menikmati ubi rebus di sore hari. :D. Selamat mencoba.

Jika nanti bingung kenapa tidak jalan dan tidak bisa di terjemahkan file revers dan forwardnya, maka yang harus dilakukan keluarkan senjata pamungkas yaitu ketikkan perintah.

tail  -f  /var/log/syslog

Kemudian analisis baris kesalahannya yang diberikan oleh sistem.

Try the last one, is better than not trying

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.